Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Luhut di IKN: Saya Melihat Besarnya Optimisme Menyelimuti Persiapan Acara HUT ke-79 RI

Infrastruktur jalan dan objek vital nasional seperti Bandara dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan terus dipersiapkan dengan matang.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Luhut di IKN: Saya Melihat Besarnya Optimisme Menyelimuti Persiapan Acara HUT ke-79 RI
Tangkapan layar
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi satu dari sekian menteri yang akan menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Senin (12/8/2024) ini.

Luhut telah bertolak ke IKN sejak akhir pekan kemarin. Ia pun menyempatkan untuk meninjau kesiapan dan persiapan infrastruktur jelang upacara peringatan HUT ke-79 RI.

"Saya melihat mayoritas pembangunan infrastruktur sudah menunjukkan perkembangan yang signifikan," kata Luhut dalam unggahan di akun Instagramnya.

Menurut dia, infrastruktur jalan dan objek vital nasional seperti Bandara dan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan terus dipersiapkan dengan matang.

Baca juga: Kementerian PUPR Tingkatkan Kompetensi dan Kualitas Pekerja Konstruksi di IKN

Persiapan itu agar seluruh elemen utama dan pendukung berlangsungnya acara siap menampung peserta upacara peringatan HUT RI di IKN.

Ia mengatakan, perkiraannya akan ada 2.800 orang tamu undangan yang hadir pada acara pagi dan sore hari.

BERITA TERKAIT

"Saya melihat besarnya optimisme yang hadir menyelimuti persiapan acara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di lbu Kota Nusantara (IKN) sebagai pertanda baik, yang akan membawa bangsa ini memasuki era transformasi yang berkelanjutan menuju cita-cita besar bangsa, Indonesia yang maju dan berdaya saing," ujar Luhut.

Adapun Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono telah memastikan kesiapan sidang kabinet perdana di IKN 12 Agustus 2024.

Menteri PUPR itu mengatakan ruangan hingga furnitur sudah siap semua.

"Ruangan sudah. Kalau kursi dan lain-lain dari Setneg dan udah di sana semua," ujar Basuki kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2024).

Namun Basuki belum mengetahui sidang kabinet digelar di Istana Garuda atau Istana Negara di IKN.

"Akan kita siapkan dua-duanya. Di Istana negara itu kita siapkan hall-nya. Ada empat hallnya dan ruang sidangnya," kata Basuki.

Basuki juga memastikan air dan listrik aman.

"Listrik, internet aman. Air ini lagi dicek terus sampai tanggal 10," pungkasnya.

Basuki mengatakan para menteri yang diundang untuk hadir dalam sidang kabinet paripurna ada yang menginap di Istana dan ada yang langsung pulang usai sidang kabinet paripurna.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas