Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pelaku Industri Didorong Lakukan Upaya Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca

Pelaku sektor industri didorong turut berkontribusi melakukan upaya pengukuran emisi gas rumah kaca, serta dekarbonisasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pelaku Industri Didorong Lakukan Upaya Pengukuran Emisi Gas Rumah Kaca
WARTA KOTA
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaku sektor industri didorong turut berkontribusi melakukan upaya pengukuran emisi gas rumah kaca, serta dekarbonisasi melalui berbagai metode yang dilakukan secara masif dan terstruktur.

Hal ini perlu dilakukan karena terjadinya peningkatan capaian emisi gas rumah kaca (GRK) dari sektor industri Indonesia yang mencapai 238,1 juta ton CO2e yang dicatat Kementerian Perindustrian pada 2022.

Dekarbonisasi juga dilakukan untuk mendukung Indonesia mencapai target pengurangan emisi yang salah satunya diharapkan berasal dari implementasi bisnis berkelanjutan, serta inisiatif tanggung jawab lingkungan oleh perusahaan dan entitas bisnis lainnya.

Baca juga: PLTB Kaktus Inovasi Dosen Fakultas Teknik Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

Menyikapi hal itu, Satuplatform mengembangkan all-in-one platform perhitungan ESG Management, Carbon Accounting, dan Sustainability Reporting sebagai solusi komprehensif pengelolaan tujuan dan pencapaian target keberlanjutan bagi entitas bisnis di Indonesia.

Instrumen perhitungan oleh Satuplatform ini menjadi alat pendamping yang penting dalam mewujudkan perjalanan bisnis, perusahaan, dan organisasi menuju rencana Net Zero Carbon yang efektif.

CEO Satuplatform, Bobby Simon mengatakan, platform perhitungan ini membantu mengumpulkan dan menganalisis data ESG secara akurat dan efisien, melacak emisi karbon dan menetapkan target pengurangan emisi yang tepat di banyak bidang, dan menerjemahkannya ke dalam sebuah laporan keberlanjutan yang terintegrasi.

“Betul, selain dari segi bisnis, kita juga ingin menciptakan sebuah dampak yang positif. Kami percaya bahwa untuk mengelola karbon, kita harus menurunkan hambatan sebanyak yang kita bisa, dan salah satu cara untuk menurunkan hambatan tersebut adalah dengan menyediakan harga yang murah,” kata Bobby dikutip Kamis (15/8/2024).

BERITA TERKAIT

Ia menyebut, Platform manajemen ESG dan perhitungan karbon dari Satuplatform menyediakan akses informasi yang akurat dan terkini untuk membantu industri melakukan pemantauan data yang proaktif dan sebagai sarana pengambilan keputusan yang efektif.

"Laporan yang tersaji pun menjadi lebih mudah dipahami serta mampu memberikan pemahaman yang komprehensif bagi pemangku kepentingan," ucapnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas