Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menko Airlangga Bocorkan Upaya Penguatan Sistem Kelistrikan hingga Wacana Ekspor ke Singapura

Pemerintah saat ini terus mendorong pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), termasuk di Kepulauan Riau.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Menko Airlangga Bocorkan Upaya Penguatan Sistem Kelistrikan hingga Wacana Ekspor ke Singapura
Tribunnews/Bambang Ismoyo
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Pemerintah saat ini terus mendorong pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), termasuk di Kepulauan Riau. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan Indonesia terus melakukan berbagai upaya penguatan sistem kelistrikan di Tanah Air, hingga berencana mengekspor listrik untuk negara tetangga, Singapura.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto membeberkan, saat ini Indonesia tengah memperkuat sistem kelistrikan, baik di Sumatera, Jawa, dan wilayah-wilayah lain.




Utamanya listrik tersebut berasal dari sumber yang ramah lingkungan.

Salah satunya, Pemerintah sendiri saat ini terus mendorong pembangunan dan pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), termasuk di Kepulauan Riau.

Baca juga: Pengamat Harap Menteri ESDM yang Baru Prioritaskan Kepentingan Nasional di Sektor Tenaga Listrik

Hal ini diungkapkan Airlangga usai menghadiri acara Asia Zero Emission Community (AZEC) yang berlangsung di Hotel St. Regis Jakarta, Rabu (21/8/2024).

"Tadi juga saya sampaikan bahwa grid listrik ini tidak hanya di Jawa-Sumatera, tapi konektif nyambung dengan Kepulauan Riau dan Batam-Bintan-Karimun," ungkap Airlangga.

BERITA TERKAIT

"Ini menjadi salah satu juga proyek yang nanti solar panelnya sudah akan di-off take oleh Singapura," sambungnya.

Diketahui, wacana kerja sama Indonesia-Singapura terkait jual beli daya listrik telah tersiar sejak tahun lalu.

Dalam kesempatan tersebut Airlangga mengungkapkan, krisis iklim dan upaya Net Zero Emission (NZE) telah menjadi tantangan global yang membutuhkan respons nyata dari seluruh negara untuk mengatasinya.

Salah satu upayanya, membangun pembangkit berbasis Energi Baru Terbarukkan (EBT).

Sejalan dengan hal tersebut, kolaborasi antar negara perlu dikedepankan dalam mencari solusi. Oleh karena itu, hadirnya Asia Zero Emission Community berangkat dari semangat kolaborasi seluruh pihak.

Lembaga ini nantinya akan berperan sebagai tempat bertukar informasi, pengkajian kebijakan dan proyek, serta membantu negara-negara AZEC dalam mengembangkan visi, peta jalan, serta kebijakan transisi energi.

Dengan menggabungkan peran Pemerintah, pemimpin industri, dan para ahli, lembaga ini akan menjadi pusat pengetahuan dan inovasi dari berbagai pemangku kepentingan.

Menko Airlangga juga menambahkan bahwa lembaga ini juga akan memainkan peranan penting terhadap perkembangan energi terbarukan, efisiensi energi, hingga praktek-praktek keberlanjutan di berbagai sektor ekonomi.

Lebih jauh lagi, dengan berfokus pada pembangunan berkelanjutan dan agenda zero-emission, diharapkan hasil studi dari lembaga ini dapat berperan untuk mengakselerasi kerja sama dan inovasi di Kawasan Asia.

”Kami menyadari bahwa perubahan iklim merupakan kenyataan yang mendesak, yang menuntut tindakan cepat dan tegas dari semua negara,” tutur Menko Airlangga.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas