Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Keamanan Fasilitas di Pelabuhan jadi Aspek Krusial dalam Jaga Kelancaran Operasional

Dijelaskannya, pelabuhan merupakan infrastruktur vital yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari otoritas pelabuhan hingga aparat

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Keamanan Fasilitas di Pelabuhan jadi Aspek Krusial dalam Jaga Kelancaran Operasional
Istimewa
Pengamat maritim Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menjadi pembicara dalam kegiatan Table Top Exercise FSRT Lampung yang diselenggarakan oleh PT PGN LNG Indonesia (PLI) di Cilegon, Banten, pada Jumat, 23 Agustus 2024.  

TRIBUNNEWS.COM - Keamanan di fasilitas pelabuhan merupakan aspek krusial dalam menjaga kelancaran operasional serta melindungi aset negara.

Salah satu elemen vital dalam menjaga keamanan ini adalah jaringan komunikasi yang solid antar institusi terkait, terutama dalam menghadapi potensi gangguan keamanan.

Hal ini dibahas dalam kegiatan Table Top Exercise FSRT Lampung yang diselenggarakan oleh PT PGN LNG Indonesia (PLI) di Cilegon, Banten, pada Jumat, 23 Agustus 2024.




Dalam paparannya, pengamat maritim Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa menjelaskan, keamanan fasilitas pelabuhan adalah salah satu pilar utama dalam memastikan stabilitas dan kelancaran operasional sektor maritim.

Menurutnya, pelabuhan sebagai gerbang utama arus perdagangan dan logistik sangat rentan terhadap berbagai ancaman keamanan.

"Oleh karena itu, kolaborasi antar institusi dalam menjaga keamanan ini tidak bisa diabaikan. Kegiatan seperti Table Top Exercise sangat penting untuk memastikan kesiapan semua pihak dalam menghadapi berbagai ancaman," ujar Marcellus dalam keterangannya, dikutip Sabtu (31/8/2024).

Dijelaskannya, pelabuhan merupakan infrastruktur vital yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari otoritas pelabuhan hingga aparat keamanan, yang masing-masing memiliki peran dan tanggung jawab spesifik dalam menjaga keamanan fasilitas tersebut.

BERITA TERKAIT

Hal ini diuji dengan latihan dan prosedur yang terstruktur secara rutin.

Baca juga: Pemerintah Larang Mobil Pajero dan Fortuner Gunakan BBM Subsidi

Dalam kesempatan yang sama, Kepala KUPP Pelabuhan Maringgai, Wibowo Budiarto menekankan bahwa implementasi ISPS Code (International Ship and Port Facility Security Code) menjadi fokus utama dalam kegiatan ini.

ISPS Code adalah standar internasional yang bertujuan untuk mendeteksi dan mencegah ancaman keamanan terhadap kapal dan fasilitas pelabuhan.

Fajar Kurniawan, Marine Operation Manager PT. PGN LNG Indonesia, menyatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak terkait, termasuk otoritas pelabuhan, perusahaan pengelola fasilitas, dan aparat keamanan, memahami dan mematuhi regulasi yang berlaku.

"Kepatuhan terhadap ISPS Code sangat penting untuk menjaga keamanan dan integritas fasilitas pelabuhan di Indonesia," ujar Fajar.

Baca juga: Pengamat Maritim Soroti Keberadaan PP 26/2023 Terkait Pengelolaan Sumber Daya Laut

Dengan menguji jaringan komunikasi dan menerapkan prosedur yang sesuai, PT PGN LNG Indonesia menunjukkan komitmennya terhadap keamanan fasilitas pelabuhan serta kepatuhan terhadap regulasi yang ketat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan dari berbagai pihak, baik domestik maupun internasional.

Table Top Exercise FSRT Lampung ini dihadiri lintas institusi termasuk, Koordinator Recognized Security Organization PT Pertamina Trans Kontinental (RSO PTK), Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa, Marine Operation Manager PT PGN LNG Indonesia, Fajar Kurniawan, Kepala Kantor KUPP Kelas III Pelabuhan Maringgai, Wibowo Budiarto, serta perwakilan dari instansi keamanan seperti KASAT POL AIRUD POLRES Lampung Timur dan Danposal Labuhan Maringgai TNI AL Lampung.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas