Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Platform Omnichannel, Kunci Penting untuk Kelola Bisnis di Era Digitalisasi

Guna mengembangkan dan meningkatkan bisnis, salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh pelaku usaha adalah memanfaatkan Platform omnichannel.

Penulis: Fransisca Andeska
zoom-in Platform Omnichannel, Kunci Penting untuk Kelola Bisnis di Era Digitalisasi
Freepik
Omnichannel adalah sebuah sistem yang menggabungkan berbagai channel perusahaan ke dalam satu platform. (Freepik) 

TRIBUNNEWS.COM - Di era digitalisasi, persaingan bisnis pun menjadi makin ketat. Mulai dari perusahaan besar hingga UMKM, semuanya berlomba-lomba dalam menyediakan pengalaman terbaik bagi para penggunanya.

Guna mengembangkan dan meningkatkan bisnis, salah satu strategi yang bisa diterapkan oleh pelaku usaha adalah memanfaatkan Platform omnichannel. Dengan sistem ini, perusahaan dapat menjalin hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui interaksi yang lebih aktif.  

Apa itu omnichannel? Bagaimana omnichannel dapat mendukung sebuah bisnis dalam meningkatkan pengalaman pelanggan? Simak pembahasannya berikut ini!




Manfaat Omnichannel

Omnichannel adalah sistem yang mengolaborasikan berbagai jenis saluran komunikasi dalam satu platform. Strategi Omnichannel bertujuan meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memanfaatkan berbagai saluran media komunikasi. Omnichannel merupakan evolusi dari Multichannel. Setiap pelanggan bisa terhubung dengan bisnis di berbagai channel namun dengan pengalaman yang lebih baik.  

Sebagai contoh, ketika pelanggan melakukan transaksi melalui e-commerce maupun berbagai media sosial, tim yang terlibat dapat melakukan monitoring hanya melalui satu dashboard saja, begitupun ketika pelanggan melakukan pembelian di offline store, transaksi digital akan terekam sebagai insight bagi customer service di toko sehingga dapat memberikan rekomendasi yang sesuai, dengan waktu yang efisien, dan sinergi lintas fungsi secara optimal

Dengan menggunakan platform omnichannel, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat berikut:

BERITA TERKAIT

1. Meningkatkan penjualan

Setiap pelanggan memiliki preferensi platform yang berbeda-beda dalam berbelanja online. Nah, omnichannel dapat membantu pelanggan untuk beralih dari satu saluran ke saluran tanpa hambatan, sehingga proses transaksi menjadi lebih cepat, baik melalui website, media sosial, atau offline store.

Omnichannel juga dapat memberikan informasi produk yang komprehensif di seluruh channel, yang pasti menjadi pertimbangan penting bagi pelanggan saat melakukan pembelian.  Dengan platform omnichannel, setiap proses transaksi pun akan dibantu agar tetap konsisten.  

Melalui manfaat-manfaat tersebut, omnichannel berperan dalam menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan, sehingga potensi mereka untuk menjadi pelanggan tetap dan kembali melakukan pembelian pun juga meningkat. 

2. Mengoptimalkan kinerja 

Di dalam suatu bisnis, biasanya terdapat beberapa tim yang terlibat langsung untuk berinteraksi dengan pelanggan, seperti tim sales dan customer service. Penggunaan omnichannel bermanfaat dalam mengintegrasikan semua sistem dan data di berbagai saluran bisnis Anda.

Sebagai contoh, ketika pelanggan melakukan transaksi melalui e-commerce maupun berbagai media sosial, tim yang terlibat dapat melakukan monitoring hanya melalui satu dashboard saja, sehingga memudahkan kinerja tim dan memungkinkan efisiensi waktu. 

3. Membantu analisis bisnis 

Melalui platform omnichannel, pelaku bisnis juga bisa mendapatkan data dan feedback pelanggan yang komprehensif. 

Informasi yang diterima nantinya dapat membantu perusahaan dalam melakukan analisis dan memahami segala hal terkait pelanggan, baik pelanggan baru maupun returning customer. 

Hal ini tentunya juga akan mendukung perusahaan dalam berinovasi dan merancang strategi penjualan baru ke depannya. 

Berikan Pelayanan Bisnis Terbaik dengan Platform yang Tepat

Kini, Anda sudah tahu berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan platform omnichannel bukan? Dengan strategi ini, Anda dapat memberikan pelayanan bisnis terbaik bagi para pelanggan, yang tentunya juga berpengaruh pada peningkatan bisnis.

Dalam rangka menunjang dan mengoptimalkan sistem operasional bisnis, salah satu platform omnichannel yang bisa jadi pilihan tepat adalah OmniX. 

OmniX adalah platform omnichannel dari PT Infomedia Nusantara, yang merupakan bagian dari Telkom Group. Dengan kapabilitas infrastruktur yang andal dan pengalaman panjang di bidangnya, OmniX siap mengelola semua channel komunikasi bisnis Anda secara terintegrasi. 

OmniX, dengan didukung teknologi terdepan, dapat mengorkestrasi seluruh channel komunikasi pelanggan dalam satu platform secara seamless, baik melalui panggilan telepon, walk-in, maupun interaksi melalui kanal digital, seperti media sosial, webchat, email, SMS, dan WhatsApp. 

Menariknya, OmniX turut dilengkapi dengan teknologi 3A (Automation, AI, dan Analytics) yang dirancang untuk mampu merespons interaksi pelanggan dalam jumlah yang masif, secara tepat dan cepat. 

Selain itu, fungsi analytics pada OmniX mampu untuk mengolah data interaksi untuk memberikan insight bagi pengambilan keputusan. Adapun empat jenis layanan OmniX yang bisa dipilih adalah berikut ini:

1. OmniX Services

OmniX Services adalah platform omnichannel yang membantu perusahaan dalam mengelola interaksi dengan pelanggan melalui integrasi seluruh kanal pelayanan pelanggan, baik secara walk-in, voice, dan non-voice, maupun interaksi pada platform media sosial dan digital lainnya. 

Untuk tingkat interaksi yang tinggi, seperti pada fungsi pelayanan publik, penggunaan AI seperti Chatbot juga telah terintegrasikan sebagai fitur unggulan pada OmniX Service. 

Dengan berbagai keunggulan fitur dan beragamnya saluran tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan customer experience yang lebih baik melalui informasi Customer Relationship Management (CRM) yang kontekstual, dan omni-history. 

2. OmniX Marketing

OmniX Marketing adalah platform omnichannel yang mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi dari perusahaan ke pelanggan melalui email, SMS, dan WhatsApp. 

Platform ini juga dapat melakukan panggilan telepon dan pengiriman pesan untuk proses kampanye produk/layanan, survei pelanggan, atau proses reminder maupun notifikasi yang relevan dengan preferensi pelanggan sehingga tepat sasaran dan menghindari adanya spam. 

OmniX Marketing menjadi pilihan tepat untuk perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan, customer interaction, customer experience, hingga Return On Investment (ROI). 

3. OmniX Sales

OmniX Sales adalah platform omnichannel yang membantu perusahaan dalam mengelola penjualan melalui panggilan telepon chat atau channel lainnya yang dapat dipilih sesuai preferensi pelanggan. 

Melalui platform ini, pebisnis dapat meningkatkan penjualan dengan mengambil leads dari interaksi yang masuk pada OmniX Service, serta meningkatkan produktivitas dari customer facing worker. 

4. OmniX Survey

OmniX Survey adalah platform analytics untuk mengukur dan memonitor customer experience yang terintegrasi dalam satu platform untuk mengelola database pelanggan, aplikasi survei, dashboard monitoring, dan action management. 

Lewat platform ini, perusahaan dapat memeroleh feedback mengenai pengalaman pelanggan, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dari berbagai pilihan platform omnichannel yang ada, pastikan untuk memilih rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda juga bisa melihat ulasan pengguna dan menghubungi kontak perusahaan penyedia omnichannel untuk mengetahui lebih lanjut. 

Dengan platform omnichannel yang tepat seperti OmniX, saatnya berikan kualitas pelayanan bisnis terbaik bagi pelanggan Anda di era digitalisasi ini!

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas