Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wamenkeu Suahasil Kenang Faisal Basri saat Jadi Dosen di UI: Gayanya Santai Bawa Kopi

Faisal Basri menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 5 September 2024, pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Wamenkeu Suahasil Kenang Faisal Basri saat Jadi Dosen di UI: Gayanya Santai Bawa Kopi
Nitis Hawaroh
Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) I Suahasil Nazara saat melayat ke rumah duka Faisal Basri di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) I Suahasil Nazara mengenang sosok ekonom Faisal Basri yang memiliki gaya santai saat mengajar di Universitas Indonesia (UI) sebagai dosen Fakultas Ekonomi.

Hal itu dia sampaikan saat melayat ke rumah duka Faisal Basri di Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).




"Masuk ke kelas dengan gaya yang sangat santai bawa kopi, lalu kemudian ngajar kita, dan memberikan banyak sekali insight mengenai ekonomi dunia, dan juga ekonomi indonesia," ujar Suahasil di lokasi.

Suahasil menyatakan bahwa dirinya turut mengikuti jejak Faisal Basri dan meneruskan darma baktinya sebagai Ketua Jurusan Departemen Ilmu Ekonomi di FEUI. Dia juga mengenang Faisal Basri sebagai sosok yang kritis terhadap kebijakan-kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah.

Baca juga: Menko Luhut Kenang Faisal Basri: Aktif Berikan Saran Meski Kerap Beda Pandangan

"Dan kita sangat memperhatikan apa yang beliau sampaikan, luar biasa, karena yang namanya di pemerintahan itu perlu masukan-masukan dari seluruh masyarakat yang menjadi pemerhati perekonomian kita," ucap dia.

"Kita kehilangan kita turut berduka cita mendalam sebagai mahasiswa beliau, kolega dosen di FEB UI dan juga saat ini ketika menjadi Wamenkeu kita kehilangan. Karena kehilangan suara pengamat, satu lagi yang sangat kita perhatikan suaranya," sambungnya.

BERITA TERKAIT

Diketahui Faisal Basri menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis, 5 September 2024, pukul 03.50 WIB di RS Mayapada, Kuningan, Jakarta, akibat sakit jantung.

Mendiang Faisal Basri sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit terlebih dahulu. Faisal Basri dirawat di Rumah Sakit Mayapada yang lokasinya tidak jauh dari rumahnya.

"Putri beliau ngontak ke kantor dan baru memberitahukan ke saya dan beberapa teman. Kami dapatkan informasi beliau kena serangan jantung dua hari lalu dan sempat dirawat di rumah sakit, tapi mungkin Allah berkehendak lain," kata Ekonom INDEF Tauhid Ahmad di rumah duka Faisal Basri, Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2024).

Menurut Tauhid, mendiang Faisal Basri sudah memiliki masalah dengan jantungnya dan juga diabetes.

"Jadi, walaupun ke kantor, tak lupa untuk bawa obat dan sebagainya dan menjaga betul untuk makanan," ujar Tauhid.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas