Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jelajah Kuliner Nusantara 2024, Upaya BRI dan BUMN Lainnya Dorong UMKM Naik Kelas

Amam Sukriyanto mengungkapkan, hadirnya event ini bertujuan untuk mendorong kemajuan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jelajah Kuliner Nusantara 2024, Upaya BRI dan BUMN Lainnya Dorong UMKM Naik Kelas
Bambang Ismoyo/Tribunnews.com
Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersama 4 perusahaan pelat merah salah, satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, menggelar acara Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Jakarta. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersama 4 perusahaan pelat merah salah, satunya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI, menggelar acara Festival Jelajah Kuliner Nusantara di Jakarta.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah Bank BRI, Amam Sukriyanto mengungkapkan, hadirnya event ini bertujuan untuk mendorong kemajuan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).




Adapun, keempat BUMN yang berpartisipasi dalam acara itu ialah PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Garuda Indonesia, PT Freeport Indonesia, serta PT Jaminan Kredit Indonesia atau Jamkrindo.

Baca juga: BTN Gelar Akad KPR Massal, Dukung Penyaluran Kredit di Indonesia

"Kegiatan Bazar UMKM Jelajah Kuliner Indonesia merupakan inisiatif Kementerian BUMN serta bentuk dukungan nyata kepada UMKM dalam memperluas pemasaran serta sebagai langkah konkret mendigitalkan UMKM melalui platform Pasar Digital (PaDi) UMKM," ucap Amam di dalam acara yang berlangsung di Sarinah, Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Amam mengatakan, pada event kali ini menghadirkan sedikitnya 105 UMKM binaan dari keempat BUMN yang dimaksud.

Adapun, 105 UMKM ini bergerak di bidang kuliner, baik kuliner dalam bentuk kemasan maupun yang disajikan untuk makan di tempat.

BERITA TERKAIT

Selain bazar, Festival Jelajah Kuliner Nusantara menyelenggarakan beragam rangkaian talk show yang menghadirkan pakar dalam bidang UMKM.

"Pada event kali ini menghadirkan 105 UMKM binaan para BUMN yang produk-produknya tidak kalah dari sisi kualitas, penampilan, juga dari sisi rasa," ungkap Amam.

Ia mengungkapkan, Festival Jelajah Kuliner Nusantara ini menjadikan para pelaku UMKM khususnya yang bergerak di bidang kuliner dapat mempromosikan dagangannya, juga memberi pengalaman kuliner khas Nusantara kepada pengunjung.

Baca juga: Industri Perbankan Perluas Edukasi Pemanfaatan QRIS ke Pelaku UMKM

Amam menuturkan, festival ini juga sejalan dengan langkah BRI dalam mendorong UMKM naik kelas.

Berbagai kontribusi telah dilakukan BRI, mulai dari penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang nilainya terbesar diantara perbankan nasional lainnya, hingga program-program khusus pengembangan UMKM.

"BUMN-BUMN akan terus bersinergi dan berkomitmen untuk mendukung UMKM Indonesia sehingga para UMKM nantinya bisa kita buat naik kelas, dan bahkan bisa sampai go global," papar Amam.

"Karena kami percaya bahwa produk-produk UMKM kita ini mampu bersaing dengan produk-produk, baik di regional maupun secara global," pungkasnya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas