Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenperin Buka 971 Formasi CPNS, untuk Tenaga Teknis, Guru Hingga Tenaga Kesehatan

Kementerian Perindustrian membuka formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, dengan alokasi 971 posisi.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kemenperin Buka 971 Formasi CPNS, untuk Tenaga Teknis, Guru Hingga Tenaga Kesehatan
Tribunnews.com
Peserta bersiap untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (17/2/2020). 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

 




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perindustrian membuka formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, dengan alokasi 971 posisi.

Formasi CPNS 2024 Kemenperin terdiri dari 925 tenaga teknis, 43 tenaga guru dan 3 tenaga kesehatan.

Kepala Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) Kemenperin Sri Hastuti Nawaningsih, menyampaikan lokasi penempatan kebutuhan formasi CPNS Kemenperin ini akan tersebar di seluruh wilayah kerja di lingkungan Kemenperin.

"Baik itu di kantor pusat maupun satuan kerja yang berlokasi di sejumlah wilayah Indonesia, antara lain di Balai Besar Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri, Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri, Balai Pemberdayaan Industri, Balai Diklat Industri, serta Unit Pendidikan Vokasi Kemenperin," terang Hastuti di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

BERITA TERKAIT

Sesuai dengan penyesuaian jadwal seleksi pengadaan CPNS tahun 2024 oleh Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), pendaftaran telah ditutup pada 10 September 2024.

Dengan formasi yang ada, jumlah pelamarnya mencapai sebanyak 14.973 orang. Selanjutnya, pendaftar yang sudah submit dokumen sebanyak 12.853 orang.

"Saat ini sedang dilakukan seleksi administrasi terhadap berkas lamaran dan dokumen persyaratan lainnya sebagaimana tercantum dalam pengumuman yang dilaksanakan dengan prinsip kehati-hatian dan ketelitian, serta tentunya rahasia dengan tidak menyebarluaskan data pribadi dan dokumen pendaftar," tutur Hastuti.

Tahapan pengadaan CPNS di lingkungan Kemenperin tahun anggaran 2024 secara keseluruhan meliputi pendaftaran pelamar melalui Sistem Seleksi Calon.Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN BKN) dan seleksi administrasi terhadap dokumen yang sudah diupload oleh pelamar melalui SSCASN BKN.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Kemenag 2024 Masih Dibuka, Simak Jadwal Penutupannya

Tahap berikutnya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN dan SKB tambahan berupa wawancara kompetensi bidang untuk seluruh formasi jabatan dan tes kemampuan mengajar bagi formasi guru, dosen, instruktur dan widyaiswara.

"SKD dan SKB dengan sistem CAT BKN dilaksanakan menggunakan fasilitas BKN pada kantor regional, Unit Pelaksana Teknis (UPT) serta lokasi mandiri yang ditentukan oleh BKN," ungkap Hastuti.

Baca juga: 35 Contoh Soal TIU SKD CPNS 2024, Lengkap dengan Kunci Jawaban

Pelaksanaan SKB tambahan akan dilakukan oleh tim Kemenperin secara daring (online) dengan memanfaatkan teknologi informasi guna memudahkan peserta dalam mengikuti SKB tambahan tersebut.

"SKB tambahan pada pengadaan CPNS Kemenperin tahun anggaran 2024 diselenggarakan untuk menilai kompetensi yang dimiliki pelamar dengan standar tugas jabatannya, sehingga individu mampu menampilkan unjuk kerja yang tinggi sesuai dengan bidang jabatannya masing-masing," imbuhnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas