Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub Budi Pamer Pembangunan Transportasi Era Presiden Jokowi Tumbuh Pesat

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, selama 10 tahun terakhir menjadi periode transformasi

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menhub Budi Pamer Pembangunan Transportasi Era Presiden Jokowi Tumbuh Pesat
Warta Kota/Yulianto
Aktivitas pekerja pada area proyek pembangunan MRT Fase 2 di kawasan Glodok, Gajah Mada, Jakarta Barat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, selama 10 tahun terakhir menjadi periode transformasi yang luar biasa bagi sektor transportasi.

Menurutnya, pada periode tersebut atau selama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menjabat pembangunan infrastruktur masif dilakukan, lalu digitalisasi layanan dan peningkatan konektivitas telah memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Selama sepuluh tahun terakhir, sektor transportasi Indonesia telah mengalami pertumbuhan pesat dan berkelanjutan, berbagai infrastruktur modern seperti kereta cepat Jakarta-Bandung hingga digitalisasi layanan transportasi, telah berhasil meningkatkan konektivitas, efisiensi, dan kenyamanan masyarakat," kata Menhub Budi dalam keterangannya, dikutip Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Dukung Lancarnya PON XXI di Aceh-Sumut, Transportasi Terintegrasi Diluncurkan

Menhub Budi meminta seluruh insan transportasi untuk merefleksikan dan menjaga komitmen terhadap keberlanjutan capaian sektor transportasi.

"Saya mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi untuk menilik kembali hal-hal yang telah kita raih 10 tahun ke belakang, berkomitmen menjaga keberlanjutan dari pencapaian tersebut, sekaligus membuat catatan peningkatan di masa-masa selanjutnya," jelasnya.

Selama satu dekade ini berbagai capaian Kementerian Perhubungan dalam membangun konektivitas dengan paradigma Indonesia sentris telah banyak diselesaikan. 

BERITA TERKAIT

Adapun di antaranya yakni hadirnya infrastruktur perkeretaapian pertama di Sulawesi, pembangunan 27 bandar udara baru, puluhan terminal tipe A dan ratusan pelabuhan yang telah dibangun di pulau terluar. 

Kemudian, penyediaan infrastruktur ini juga dibarengi dengan dukungan subsidi operasional, sehingga dapat memberikan layanan yang terjangkau dan berkeadilan. 

Selain membangun infrastruktur yang merata, Kementerian Perhubungan juga menghadirkan infrastruktur modern seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kereta tanpa masinis di Jabodebek, hingga hadirnya kereta otonom atau Autonomous Rapid Transit (ART) di Ibu Kota Nusantara.

Menhub juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih bagi seluruh pemangku kepentingan dan insan transportasi yang telah berkontribusi dalam pencapaian Kementerian Perhubungan selama satu dekade.

"Seluruh pencapaian tersebut tidak lepas dari peran serta seluruh pemangku kepentingan, serta masyarakat. Setiap pihak tidak hanya berkontribusi, namun juga telah berkolaborasi dan mensinergikan program masing-masing. Maka pada kesempatan ini, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya sehingga mendorong peningkatan pelayanan transportasi kepada masyarakat," tutur Menhub Budi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas