Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kemenhub Telah Bangun 1.731 Km Jalur Kereta Api Era Kepemimpinan Presiden Jokowi

Kemenhub juga telah melakukan peningkatan dan rehabilitasi atau perawatan jalur KA sepanjang 1.900 km/sp di 25 lokasi.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kemenhub Telah Bangun 1.731 Km Jalur Kereta Api Era Kepemimpinan Presiden Jokowi
Instagram/@kai121_
PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kemenhub telah melakukan peningkatan dan rehabilitasi atau perawatan jalur KA sepanjang 1.900 km/sp di 25 lokasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membangun dan meraktivasi jalur kereta api sepanjang 1.731 km/sp di 55 lokasi sepanjang kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam kurun waktu 10 tahun terakhir Kemenhub telah berhasil menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan dan peningkatan infrastruktur kereta api.

"Total panjang jalur kereta api yang telah dibangun mencapai 1.731,34 kilometer, tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, yang meliputi pembangunan jalur dwi ganda, jalur ganda, jalur baru, dan reaktivasi," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Minggu (29/9/2024).

Baca juga: Sejarah Hari Kereta Api Nasional 28 September dan Tema HUT ke-79 KAI

Kemenhub juga telah melakukan peningkatan dan rehabilitasi atau perawatan jalur KA sepanjang 1.900 km/sp di 25 lokasi, serta elektrifikasi jalur sepanjang 522 km/sp.

Menhub Budi bilang, pemerintah telah mendanai pembangunan dan rehabilitasi sektor perkeretaapian sebesar Rp 223,870 triliun selama 2015 hingga 2024 ini.

Pemerintah juga telah memberikan public service obligation (PSO) sebagai bentuk pelayanan publik sektor perkeretaapian kepada PT Kereta Api Indonesia, selama 2015-2024 dengan total sebesar Rp. 26,027 triliun.

BERITA REKOMENDASI

"Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas transportasi kereta api di seluruh Indonesia," terangnya.

Terakhir, Menhub Budi mendorong pengembangan inovasi teknologi dalam meningkatkan kualitas dan kapasitas sektor perkeretaapian. 

Berbagai inovasi yang telah dilakukan untuk pengembangan perkeretaapian di Indonesia, di antaranya ada tiga transportasi massal, baik perkotaan maupun antar kota, yang saat ini telah beroperasi yaitu MRT Jakarta, LRT Jabodebek dan Kereta Api Cepat Jakarta Bandung.

"Terus berinovasi dalam pelayanan dan teknologi, serta meningkatkan kinerja guna memenuhi harapan masyarakat, karena inovasi yang ditingkatkan dapat membawa citra yang baik bagi pengembangan transportasi," ucap Menhub.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas