Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Di Pengujung Jabatan, Mendag Zulkifli Hasan Sampaikan Pesan Perpisahan Kepada Jokowi

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Jokowi atas berbagai pencapaian yang ditorehkan selama masa pemerintahannya.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Di Pengujung Jabatan, Mendag Zulkifli Hasan Sampaikan Pesan Perpisahan Kepada Jokowi
Tribunnews.com/ rizki sandi saputra
Menteri Perdagangan RI (Mendag) Zulkifli Hasan alias Zulhas saat ditemui di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Timur 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan pesan perpisahan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kurang lebih sepekan lagi akan mengakhiri jabatannya sebagai pemimpin negara. 

Zulhas, sapaan akrab Zulkifli, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Jokowi atas berbagai pencapaian yang ditorehkan selama masa pemerintahannya.

Dalam sambutannya saat pembukaan acara Trade Expo Indonesia 2024, Rabu (9/10/2024), Zulhas mengingat kembali masa-masa sulit yang dihadapi Indonesia saat pandemi COVID-19. 

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan: Deflasi 5 Bulan Terakhir Belum Bisa Disimpulkan Daya Beli Masyarakat Turun

"Bapak Presiden telah menyelamatkan kita dari COVID-19. Dua tahun yang begitu berat. Tidak mudah," kata Zulhas. 

Menurut dia, kepemimpinan Jokowi telah membawa banyak perubahan, contohnya seperti pembangunan infrastruktur transportasi. 

"Banyak yang sudah bapak lakukan. (Infrastruktur, red) transportasi mulai zaman Bung Karno, Jakarta tidak selesai, sekarang tembus pak. Jakarta, Surabaya, Lampung, sampai Aceh," ujar Zulhas. 

BERITA REKOMENDASI

Kemudian, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menyebutkan telah dibangunnya pusat-pusat wisata seperti Komodo, Danau Toba, dan Mandalika.

Ia mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi era Jokowi dalam kondisi stabil dengan rata-rata di atas 5 persen dan inflasi juga terkendali. 

"Pertumbuhan ekonomi yang stabil, rata-rata 5 persen lebih. Inflasi terkendali. Perdagangan pak, Alhamdulillah 52 bulan terus-terusan surplus," ucap Zulhas. 

Menurut dia, saat ini merupakan proses transisi pemerintahan yang sangat baik. 

Zulhas pun mengakui bahwa ada pihak yang menganggap Jokowi tidak sempurna. Mereka adalah orang-orang yang memandang Jokowi selalu salah. 

Namun, Zulhas menyebut hanya sedikit yang berpikiran seperti itu. 

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan Sambangi Bos Kadin Anindya Bakrie, Apa yang Dibahas?

"Tentu sebagai manusia, pasti tidak sempurna, tapi banyak yang sudah Bapak lakukan, kami bersaksi. Masyarakat kita cerdas, sebagian besar mengakui... memang sedikit pak. Jadi tidak usah khawatir, sedikit, yang selalu (menilai semua) salah, apapun salah, apapun salah," tutur Zulhas. 

Ia pun menyampaikan harapannya agar Jokowi tetap sehat dan terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia, di manapun dia berada. 

"Doa kami Bapak Presiden, Bapak selalu sehat dan kami percaya, kami yakin di manapun Bapak, pasti akan memberikan terbaik untuk Indonesia, di manapun Bapak berada. Sekali lagi terima kasih Bapak Presiden," tutup Zulhas. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas