Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Nilai Ekspor Udang Indonesia Turun di Januari-September 2024, Apa Saja Pemicunya?

Terjadi penurunan nilai ekspor udang Indonesia selama periode Januari-September 2024.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Nilai Ekspor Udang Indonesia Turun di Januari-September 2024, Apa Saja Pemicunya?
TRIBUN/DANY PERMANA
Pekerja mengolah udang di pabrik PT Panca Mitra MultiPerdana di Situbondo, Jawa Timur, salah satu eksportir udang beku terbesar dari Indonesia. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memaparkan terjadinya penurunan nilai ekspor udang Indonesia selama periode Januari-September 2024.

Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Erwin Dwiyana menjelaskan, penurunan nilai ekspor udang mencapai 8,1 persen di pasar global. 

"Nilai ekspor Indonesia mengalami penurunan 8,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2023," ujar Erwin di Kantor KKP, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2024).

Perbandingan itu secara year on year dengan Januari-September 2023. Menurut Erwin, penurunan ekspor utamanya terjadi di tujuan utama pasar udang Indonesia, yakni Amerika Serikat.

"Penurunan ekspor ke AS, yakni 9,1 persen. AS merupakan tujuan utama pasar udang Indonesia dengan pangsa 63 persen dari total ekspor udang Indonesia," kata Erwin.

Erwin berujar, penurunan juga disebabkan dengan tuduhan countervailing duties dan anti-dumping terhadap udang beku Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

Tuduhan tersebut dilayangkan dalam bentuk petisi dari American Shrimp Processors Associaton (ASPA) pada 25 Oktober 2023.

"Kasus CVD dan anti-dumping ini sangat berpengaruh bagi perudangan nasional, karena tujuan ekspor udang utama Indonesia masih tinggi di pasar Amerika Serikat," terang Erwin.

Sebelumnya, Indonesia menghadapi tuduhan anti-dumping dan CVD terhadap ekspor udang beku Indonesia ke pasar AS. Tuduhan ini dikirim dalam petisi dari American Shrimp Processors Associaton (ASPA) pada 25 Oktober 2023.

Periode investigasi untuk tuduhan dumping dilakukan dengan menyelidiki data perdagangan 1 Januari 2022-Desember 2022. Sedangkan untuk tuduhan CVD dengan menginvestigasi data perdagangan periode 1 September 2022-31 Agustus 2023.

Baca juga: Ekspor Udang Indonesia ke AS Turun 15,8 Persen di Semester I 2024

Komoditas yang diselidiki adalah udang beku hasil budi daya (produk utuh atau tanpa kepala dikupas atau tidak dikupas, dengan ekor atau tanpa ekor, dibuang usus atau tidak, dimasak atau mentah, dan diproses dalam bentuk beku).


Indonesia terbukti tidak melakukan subsidi dalam hasil keputusan sementara terkait dengan penyelidikan AD dan CVD yang diterbitkan Departemen Perdagangan AS, pada 25 Maret 2024.

Baca juga: Realisasi Ekspor Udang 567 Juta Dolar AS, KKP Perkuat Tata Kelola Logistik Udang

Terkait dengan penyelidikan AD, pada 23 Mei 2024 Departemen Perdagangan AS menerbitkan hasil keputusan sementara yang menyatakan bahwa margin dumping FMS sebesar 6,3 persen.

Kemudian, dari regulasi AS, FMS dan seluruh eksportir udang beku Indonesia lainnya akan dikenakan tarif bea masuk AD 6,3 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas