Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kriminalitas Meningkat 10 Persen Selama PSBB, Kapolda Metro Jaya Operasikan Tim Anti Preman

Nana memastikan, Ibu Kota tetap dalam kondisi yang aman. Ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir terkait hal tersebut.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kriminalitas Meningkat 10 Persen Selama PSBB, Kapolda Metro Jaya Operasikan Tim Anti Preman
TribunJakarta.com/Elga Hikari Putra
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana membagikan 500 alat pelindung diri (APD) dan sembako dibagikan TNI-Polri kepada para petugas makam di TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (15/4/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya mencatat adanya peningkatan tindakan kejahatan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Dari catatannya, persentase peningkatan kejahatan sebesar 10 persen.

Demikian disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana saat konfrensi pers di Polda Metro Jaya pada Senin (27/4/2020).

Nana bilang, data tersebut diambil selama kurun waktu Maret hingga April 2020.

Baca: Hindari Penolakan Buruh, Pengusaha Usul Nama RUU Cipta Kerja Diganti

"Hasil analisa dan evaluasi sekitar 10 persen peningkatan kasus kriminalitas terjadi jika dibandingkan satu bulan kebelakang antara Maret-April," kata Nana.

Dia mengatakan, kasus kejahatan yang paling banyak terjadi adalah kasus pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, begal motor, bobol minimarket dan penyalahgunaan narkotika.

Kendati demikian, Nana memastikan, Ibu Kota tetap dalam kondisi yang aman. Ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir terkait hal tersebut.

"Hasil analisa evaluasi Polda Metro secara keseluruhan kasus kriminalitas pasca dimulainya PSBB jadi secara umum situasi di wilayah hukum Polda Metro relatif kondusif, artinya bahwa secara umum kondusif tetapi ada beberapa kejadian-kejadian yang memang dari awal kami prediksi," ungkapnya.

Baca: Jadwal & Link TVRI Belajar dari Rumah 28 April: Demam Puisi hingga Pendidikan Kesehatan Reproduksi

BERITA REKOMENDASI

Di sisi lain, pihaknya juga akan menerjunkan personel untuk mencegah terjadinya tingkat kejahatan atau kriminalitas di Jakarta.

Dia bilang, pihak kepolisian telah membentuk tim begal dan anti preman untuk melawan meningkatnya aksi kriminalitas.

"Seluruh anggota kami sudah bentuk tim begal dan anti preman. Tim ini sudah kita bentuk dari awal dan di Polres-polres. Disamping itu kami meningkatkan lebih, mengedepankan fungsi pencegahan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas