Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kriteria Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja Beda dengan Video Gratis di Youtube

Kriterianya umum untuk menjadi platform digital Kartu Prakerja yang paling utama yakni menyediakan layanan

Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kriteria Lembaga Pelatihan Kartu Prakerja Beda dengan Video Gratis di Youtube
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Posko pendampingan pendaftaran program Kartu Prakerja yang disediakan Pemprov Jatim di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jatim didatangi banyak pencari kerja terutama mereka yang terdampak pandemi virus corona atau Covid-19, di Kota Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Para pekerja yang dirumahkan, pekerja yang terkena PHK, maupun para pencari kerja yang terkendala untuk mendaftar mandiri lewat gadget maupun perangkat mandiri, bisa mendapatkan pendampingan dengan mendatangi Posko Pendampingan yang disiapkan di 56 titik layanan di seluruh Jawa Timur. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, pemerintah punya cara dalam memfilter lembaga pelatihan dan platform digital program Kartu Prakerja.

Kriterianya umum untuk menjadi platform digital Kartu Prakerja yang paling utama yakni menyediakan layanan market place bagi masyarakat.

"Jadi marketplace yang tersedia bagi seluruh bergam produsen dan konsumen," ujarnya saat teleconference di Jakarta, Senin (27/4/2020).

Sementara, kriteria bagi lembaga pelatihan adalah memenuhi syarat punya kurikulum dan silabus yang terstruktur, tenaga yang terstruktur yang berkualifikasi, punya sistem pembelajaran, dan ada sistem evaluasi pembelajaran.

Baca: Perdana Menteri Inggris Johnson Kembali Bekerja Setelah Sembuh dari Covid-19

Baca: Daihatsu Mulai Buka Aktivitas Pabrik, Ini yang Dilakukan Karyawan

Baca: Setelah Habisi Istrinya, Pria Ini Malah Bilang ke Polisi Istrinya Tewas Bunuh Diri

Baca: Bagun Sistem Informasi Covid-19 yang Baik dan Terintegrasi, Pemerintah Luncurkan BLC

"Ini wajib karena membedakan dia dengan video-video gratis (di Youtube) sebenarnya. Terakhir adalah memberikan sertifikat," kata Panji.

Mengenai kontennya, lanjut Panji, fokus pemerintah adalah memberikan sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya karena peserta kartu pra kerja ini adalah beragam latar belakang pendidikan, profesi, daerah, sikap, budaya, dan beragam kebutuhan.

BERITA TERKAIT

"Kami utamakan adalah menyediakan pilihan sebanyak-banyaknya, sehingga masyarakat bisa menentukan sendiri yang paling tepat keterampilan apa yang dibutuhkan," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas