Tribun

Virus Corona

Ini Tiga Rekomendasi Alumni Universitas Indonesia untuk Mempercepat Penanganan COVID-19 di Indonesia

Kertas kerja ini mencoba mengangkat kritik publik terkait sikap pemerintah yang masih menuai pro-kontra dalam menghadapi COVID-19

Editor: Eko Sutriyanto
Ini Tiga Rekomendasi Alumni Universitas Indonesia untuk Mempercepat Penanganan COVID-19 di Indonesia
Dok. BNPB
Andre Rahardian dalam keterangannya di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Rabu (29/4/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) merilis kertas kerja berisi rekomendasi terkait penanganan COVID-19 untuk pemerintah.

Kertas kerja tersebut memberikan rekomendasi untuk tiga sektor dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, yakni dalam aspek sosial politik dan kelembagaan, aspek kesehatan masyarakat, serta aspek ekonomi.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyebutkan bahwa kertas kerja ini merupakan bentuk inisiatif terhadap berbagai permasalahan dalam penanganan COVID-19 yang dihadapi pemerintah saat ini.

“ILUNI UI berinisiatif untuk memberikan rekomendasi strategis baik kepada pemerintah, maupun kepada seluruh pemangku kepentingan nonpemerintah, agar sekiranya sumbangsih pemikiran ini dapat menjadi panduan strategis bagi percepatan penanganan COVID-19 di Indonesia,” kata Andre dalam ketrangannya, Selasa (12/5/2020).

Kertas kerja ini mencoba mengangkat kritik publik terkait sikap pemerintah yang masih menuai pro-kontra dalam menghadapi COVID-19.

Salah satunya terlihat ketika publik menyoroti langkah pemerintah di awal yang dinilai tidak memiliki transparansi informasi serta kebijakan publik yang jelas.

Baca: Gugus Tugas Minta Masyarakat Beradaptasi dalam Beraktivitas Selama Pandemi Covid-19

Pemerintah pun diminta untuk mencontoh Korea Selatan sebagai salah satu negara yang dinilai sukses dalam menerapkan keterbukaan informasi.

Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P-LIPI) Dr. Firman Noor, MA menilai bahwa model Solidaritas Terpimpin yang diusung dalam Kertas Kerja Policy Center sebagai wacana yang tepat dalam penanganan COVID-19.

“Solidaritas Terpimpin merupakan sintesis antara pendekatan China (top-down atau koersif) dan Korea Selatan (public trust),” kata Firman.

bantuan ui16
Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI berpartisipasi memberikan bantuan berupa ratusan paket kebersihan diri bagi warga di sekitar kampus UI Depok, khususnya di wilayah Kukusan, Jawa Barat.

Ia memaparkan bahwa penekanan solidaritas dapat dimaknai untuk menghindari totalitarian temptations dan membangun kepercayaan publik.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas