Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Nasib WNI di Kapal Asing

Jenazah 1 ABK WNI Kapal Luqing Yuan Yu 623 Dilarung, Ini Kronologis Kematian H

Diketahui peristiwa pelarungan tersebut terjadi pada tanggal 16 Januari 2020 di perairan Somalia.

Jenazah 1 ABK WNI Kapal Luqing Yuan Yu 623 Dilarung, Ini Kronologis Kematian H
Sumber: MBC/Screengrab from YouTube
Screenshot dari rekaman video yang dipublikasikan media Korea Selatan MBC memperlihatkan, eorang awak kapal tengah menggoyang sesuatu seperti dupa di depan kotak yang sudah dibungkus kain berwarna oranye. Disebutkan bahwa kotak tersebut merupakan jenazah ABK asal Indonesia yang dibuang ke tengah laut oleh kapal asal China. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satu anak buah kapal (ABK) Indonesia di kapal berbendera China, Luqing Yuan Yu 623 yang videonya viral di facebook karena jenazahnya dilarung di laut Somalia diketahui berinisial H.

Hal tersebut disampaikan Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI), Judha Nugraha dalam konferensi pers daring, Rabu (20/5/2020).

Baca: Mendes: Jumlah ODP Corona di Desa Lebih Tinggi Daripada di Kota

Judha berujar Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) bersama dengan kementerian lembaga terkait telah melakukan pertemuan dengan pihak keluarga untuk mengklarifikasi kasus kematian dan pemenuhan hak almarhum H.

Diketahui peristiwa pelarungan tersebut terjadi pada tanggal 16 Januari 2020 di perairan Somalia.

“Pada saat tanggal 16  tersebut almarhum diketahui oleh rekan para ABK WNI pada saat dibangunkan yang bersangkutan sudah meninggal dunia tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa penyebab kematian,” ujar Judha.

Baca: Mendes: Jumlah ODP Corona di Desa Lebih Tinggi Daripada di Kota

Almarhum H dikabarkan diberangkatkan oleh PT MTB, sebagai manning agency yang berkantor di Jawa Tengah.

Direktur PWNI menyebut berdasarkan informasi surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh PT MTB pada tanggal 23 Januari 2020, jenazah almarhum H di larung di laut di sekitar perairan Somalia.

Baca: Pengacara: Konyol, Keluarga Habib Bahar Tak Diberi Tahu Pemindahan ke Lapas Nusakambangan

Namun untuk memastikan informasi tersebut pihaknya tetap melakukan kroscek terhadap informasi-informasi lain dari pihak terkait, termasuk otoritas Somalia dan China

“Jadi perlu kami sampaikan data yang diterima tanggal 16 terkait kematian dan juga tanggal 23 proses pelarungan itu berdasarkan dokumen yang kami terima dari PT MTB.

PT MTB diketahui membuat surat keterangan kematian pada tanggal 23 Januari 2020 kepada pihak yang terkait dan ditembuskan kepada Kemlu RI, Kementerian Ketenagakerjaan dan juga BNP2TKI.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas