Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Umat Muslim di Kota Solo Besok Sudah Bisa Salat Jumat di Masjid

Sudah seminggu ini masjid di Solo menyiapkan alat-alatnya dan petugasnya, agar pelaksanaan ibadah berjamaah tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Umat Muslim di Kota Solo Besok Sudah Bisa Salat Jumat di Masjid
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Jemaah Salat Jumat mendengarkan kutbah dengan menjaga jarak menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di Masjid Raya Al-Ukhuwwah, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (5/6/2020). Pelaksanaan Salat Jumat perdana saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) proporsional di masjid itu mengakibatkan sebagian jemaah tidak tertampung di dalam karena menerapkan physical distancing atau jaga jarak dan terpaksa harus menggelar sajadah di halaman masjid. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Adi Surya Samodra

TRIBUNNEWS.COM, SOLO - Seluruh masjid di Kota Solo mulai besok sudah bisa menyelenggarakan salat Jumat, setelah 3 bulan ini ditiadakan atau salat di rumah masing-masing akibat pandemi Corona.

Kepala Kementerian Agama (Kemeneg) Kota Solo, Musta'in Ahmad menjelaskan, meskipun sudah mulai diperbolehkan menggelar salat Jumat perdana, pelaksanaan tetap menerapkan protokoler kesehatan Covid-19.




"Salat Jumat sudah boleh dilakukan, kemarin sudah kita sosialisasikan ke takmir masjid," jelasnya kepada TribunSolo.com, Kamis (11/6/2020).

Musta'in menjelaskan, sudah seminggu ini masjid di Solo menyiapkan alat-alatnya dan petugasnya, agar pelaksanaan ibadah berjamaah tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Di antaranya dianjurkan wudlu dari rumah masing-masing, membawa sajadah sendiri hingga bermasker saat ke masjid.

"Jalur ke luar-masuk dibatasi, ada petugas yang mengecek suhu tubuh, disediakan tempat cuci tangan, dan jaga jarak shaf," tambahnya.

Baca: Ahli Epidemiologi Sebut Penerapan PSBB yang Tak Maksimal Dalang Lonjakan Kasus Corona di Indonesia

Baca: Tiga Cewek ABG Asal Tangerang Dijerat Utang Lalu Dipaksa Layani Pria Hidung Belang di Sinjai

BERITA TERKAIT

Dia menganjurkan masyarakat menunaikan salat Jumat di masjid dekat rumah masing-masing.

"Kita anjurkan masyarakat salat Jumat di kampung masing-masing, di lingkungan masing-masing, jadi tidak perlu menuju ke satu titik," ucap dia.

"Itu supaya masjid tidak overload, jadi cukup salat Jumat di kampung masing-masing, tidak ada jemaah yang menumpuk di satu titik," imbuhnya.

Masyarakat, lanjut Musta'in, tidak perlu berkerumun seusai menunaikan salat Jumat.

"Tidak perlu bersalam-salaman setelah Salat Jumat atau berkerumun, selesai segera bubar," tuturnya.

Musta'in berharap tempat-tempat ibadah bisa menjadi contoh bagi tempat-tempat lain dalam menerapkan protokoler kesehatan selama new normal.

Baca: Tiga Cewek ABG Asal Tangerang Dijerat Utang Lalu Dipaksa Layani Pria Hidung Belang di Sinjai

"Kita berharap bisa menjadi entitas contoh terbaik dibanding dengan tempat-tempat yang lain, biarlah pasar, terminal, dan mall mencontoh masjid jangan kebalik," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsolo.com dengan judul Catat! Umat Muslim Besok Bisa Salat Jumat Perdana di Masjid Solo,Tapi Perhatikan Imbauan Berikut Ini

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas