Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Waspadai Mikro Droplet Sebagai Sumber Penyebaran Covid-19, Muhadjir Minta Khotbah Jumat Dipersingkat

Badan kesehatan dunia atau WHO juga sudah mengakui adanya aerosol atau partikel kecil yang menjadi sumber penularan virus corona.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Waspadai Mikro Droplet Sebagai Sumber Penyebaran Covid-19, Muhadjir Minta Khotbah Jumat Dipersingkat
Tribunnews.com, Taufik Ismail
Muhadjir Effendy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah kini mewaspadai mikro droplet sebagai sumber penyebaran virus corona. Partikel sangat kecil itu disebut bisa mengapung di udara selama kurang lebih 20 menit, khususnya di ruangan tertutup dan berventilasi buruk.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dalam sesi tanya jawab dengan wartawan selepas mengikuti rapat terbatas di Istana Negara, Jakarta, Senin (13/7/2020).

"Mikro droplet itu adalah partikel kecil akibat kita ngomong. Kalau droplet (percikan) yang turun, tapi ini (mikro droplet) mengapung-apung, dan inilah yang berbahaya, terutama kalau dia di ruang tertutup apalagi ber-AC. Paling minim kemampuan mengapung sekitar 20 menit," kata Muhadjir, Senin (13/7/2020).

Muhadjir mencontohkan, saat ada seorang penceramah positif corona, tetapi ia tidak sadar, lalu dia berceramah selama satu jam di ruang tertutup, maka penularan virus corona bisa saja terjadi melalui mikro droplet.

"Kita bisa bayangkan berapa juta atau miliar covid beterbangan. Kemudian orang kalau enggak pakai masker bisa mengisap itu, dan itu menjadi sumber mikro droplet yang sudah disampaikan," tuturnya.

Sebelumnya badan kesehatan dunia atau WHO juga sudah mengakui adanya aerosol atau partikel kecil yang menjadi sumber penularan virus corona. Selanjutnya itu disebut mikro droplet.

Dikutip dari New York Times, dalam pedoman baru WHO terkait rute penularan virus Corona pada Kamis (9/7/2020), WHO menilai penularan virus Corona lewat udara atau airborne langka terjadi dan mungkin tidak signifikan.

BERITA TERKAIT

Tetapi semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan rute penularan Corona lewat udara atau airborne membuat kemungkinan rute penularan tersebut memiliki peran penting dalam menyebarkan virus Corona atau Covid-19.

"Beberapa kasus penularan yang terjadi dalam kerumunan di ruangan tertutup (indoor) menunjukkan kemungkinan penularan aerosol, dikombinasikan dengan penularan droplet, sebagai contoh, dalam paduan suara, di restoran, dan kelas kebugaran," tulisan WHO dalam laporannya, dikutip dari CNN.

Baca: 600 Perwira Siswa Secapa AD yang Positif Covid-19 Akan Dilibatkan dalam Uji Klinis Anti Covid-19

Baca: Anggota DPRD Makassar Ditetapkan Tersangka Dalam Kasus Pengambilan Paksa Jenazah Covid-19

Berdasarkan laporan WHO itulah, pemerintah kemudian menambah satu protokol kesehatan pencegahan virus corona, yakni menghindari kerumunan di ruang tertutup.

Anjuran ini diberikan setelah ditemukan fakta virus corona dapat menyebar di udara atau menjadi aerosol lewat mikrodroplets.

"Maka itu tambahan dari protokol kesehatan kita adalah hindari kerumunan ruang tertutup yang ventilasinya tidak cukup baik dan tidak boleh lama-lama di ruang tertutup itu," jelas Muhadjir.

Muhadjir meminta agar pertemuan di ruang tertutup dipercepat dan jumlah pesertanya dibatasi. Termasuk khotbah salat Jumat juga diminta dipersingkat.

"Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya juga imbau setiap pertemuan tolong dibatasi, terutama yang tertutup. Agar jangan sampai mikro droplet itu tidak bisa segera ke luar dari ruangan," katanya.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas