Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kemendagri Klaim Sudah Bagikan 39 Juta Masker ke Masyarakat

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan jajaran terjun langsung ke daerah-daerah dalam membagikan 39 juta masker di 22 daerah.

Kemendagri Klaim Sudah Bagikan 39 Juta Masker ke Masyarakat
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengguna jalan melintasi baliho dengan foto Presiden RI Joko Widodo mengajak warga Bandung untuk mengenakan masker, yang terpasang di Jalan Cibaduyut Raya, Kota Bandung, Minggu (11/10/2020). Kampanye Presiden Jokowi ini bertujuan agar warga patuh dengan protokol kesehatan di saat pandemi Covid-19. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM,  JAKARTA -  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah membagikan 39 juta masker kepada masyarakat di daerah-daerah di Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19).

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan jajaran terjun langsung ke daerah-daerah dalam membagikan 39 juta masker di 22 daerah.

“Sebagaimana kita ketahui masker ini senjata utama dalam mencegah Covid-19. Kita sudah membagikan 39 juta masker  ke daerah. Kita monitor apakah sampai ke daerah dan memang kami yakinkan masker itu telah terbagi hingga ke masyarakat,” ujar Staf Khusus Mendagri untuk bidang politik dan media, Kastorius Sinaga dalam Webinar Pelibatan Ormas dan LSM Bersama Pemerintah Daerah  oleh Kemendagri dalam Penanganan Covid-19 Melalui Mekanisme Swakelola, Rabu (21/10/2020).

Memakai masker termasuk dalam 3 M protokol kesehatan menghadapi Covid-19. Adapun 3 M adalah Memakai Masker, Mencuci tangan di air yang mengalir dan Menjaga jarak atau menghindari kerumunan orang.

Baca juga: Tak Mau Kerabatnya Dirawat di Ruang Covid-19, Keluarga Kerahkan Ormas Geruduk RSUD Cengkareng

Bersamaan dengan pembagian masker, Mendagri dan jajaran juga melakukan kunjungan kerja untuk memberikan pengarahan kepada Satgas di sejumlah daerah.

“Kita juga sudah melakukan pengarahan pembentukan Satgas di daerah dan gebrakan untuk membagi-bagikan masker dan mensosialisasikan pentingnya memakai masker sampai ke tingkat masyarakat,” jelas Kastorius Sinaga.

Kastorius Sinaga mengatakan, pemerintah tengah fokus di daerah-daerah zona yang tinggi angka kasusnya. Meskipun demikian daerah-daerah lain yang memiliki angka rendah juga tetap dipantau.

Ini semua termasuk dalam program kegiatan Mendagri sebagai wakil ketua VI Komite PC-PEN. 

Termasuk juga menyusun regulasi dan buku pedoman bagi pemerintah daerah untuk penanganan Covid-19.

Kemudian melakukan pengarahan kepada satuan tugas penanganan Covid 19 dan sosisalisasi gerakan sejuta masker di daerah.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas