Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Penyekatan Hingga Dirikan Kanopi, KAI Maksimalkan Penjagaan Jarak Antar Penumpang di Stasiun

Petugas KAI Commuter di stasiun dan KRL terus memaksimalkan upaya penegakan protokol kesehatan utamanya soal jaga jarak antar penumpang.

Penyekatan Hingga Dirikan Kanopi, KAI Maksimalkan Penjagaan Jarak Antar Penumpang di Stasiun
Warta Kota/Irwan Rismawan
Calon penumpang melakukan pembatalan perjalanan kereta api jarak jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (22/2/2021). PT KAI Daop 1 Jakarta membatalkan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh pada keberangkatan Stasiun Gambir sebanyak delapan kereta api dan pada Stasiun Pasar Senen tujuh kereta api akibat perawatan pada sejumlah lintasan rel kereta api yang terendam banjir. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Petugas KAI Commuter di stasiun dan KRL terus memaksimalkan upaya penegakan protokol kesehatan utamanya soal jaga jarak antar penumpang.

Selain penyekatan jam sibuk, fasilitas layanan penunjang stasiun turut ditambah.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan KAI tetap menerapkan pembatasan jumlah penumpang dalam gerbong, yakni 74 orang setiap kereta.

Guna menjaga penumpang yang melewati batas, stasiun yang ramai penumpang menerapkan jam sibuk pada pagi hari.

"Untuk menjaga agar jumlah pengguna tidak melewati batasan tersebut, stasiun yang berpotensi ramai dilakukan penyekatan pengguna terutama pada jam-jam sibuk pagi hari," kata Anne dalam keterangannya, Senin (29/3/2021).

Per Sabtu (27/3) kemarin, KAI telah mendirikan kanopi seluas 250 meter persegi (m2) di area luar Hall Stasiun Tambun.

Tujuannya untuk melindungi penumpang yang mengantre dari paparan cuaca panas atau hujan.

Selain Stasiun Tambun, hal serupa juga dilakukan pada Stasiun Bojonggede (304,7 m2 di sisi utara dan 137,5 m2 di sisi selatan), Citayam (42,27 m2), Depok (197,78 m2 di area parkir dan 20,42 m2 di selasar), Depok Baru (168 m2), Duren Kalibata (168,43 m2), dan Rangkasbitung (127,8 m2 di dua area). 

Adapun awal pekan ini hingga pukul 09.00 WIB tadi, pengguna KRL tercatat di seluruh stasiun sebesar 144.730 orang atau bertambah 9 persen dibanding Senin (22/3) pekan lalu sebanyak 132.510 orang.

Salah satu stasiun yang alami penambahan penumpang yakni Stasiun Bogor, yang tercatat 8.552 orang atau bertambah 2 persen dibanding waktu yang sama pada pekan lalu. 

Baca juga: Penumpang Kereta Bisa Pesan Layanan GeNose C19 Via Online

Selain itu, stasiun yang mencatat kenaikan jumlah pengguna yakni Stasiun Bekasi 7.334 pengguna, naik 10 persen, Stasiun Depok 5.805 pengguna, naik 2 persen.

Sementara itu stasiun yang mencatat penurunan jumlah pengguna antara lain Stasiun Citayam 10.714 pengguna, turun 4 persen dan Stasiun Tangerang 4.883 pengguna, turun 4 persen.

"Selain menjaga jarak, KAI Commuter juga mengajak para pengguna untuk menerapkan protokol kesehatan lainnya yaitu memakai masker dan mencuci tangan sebelum maupun sesudah naik KRL," ungkap Anne.

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas