Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Apakah Lansia Lebih Berisiko Terkena Efek Samping Vaksin Covid-19? Begini Penjelasannya

Lansia memang dapat merasakan efek samping sedikit lebih tinggi dibandingkan dewasa muda. Bagaimana efeknya?

Apakah Lansia Lebih Berisiko Terkena Efek Samping Vaksin Covid-19? Begini Penjelasannya
WARTAKOTA/Angga Bhagya Nugraha
Warga yang berumur lanjut usia (lansia) tengah antre untuk mengikuti vaksinasindi Istora Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2021). Program vaksinasi Covid 19 hasil kolaborasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dengan Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation ini bakal menyasar warga lanjut usia (lansia) non-KTP DKI Jakarta. (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Vaksin pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan imunitas pada tubuh. Kemudian menjaga tubuh agar tidak dapat terinfeksi oleh serangan virus, bakteri dan kuman. Sehingga seseorang tidak mudah mengalami sakit.

Begitu pula program vaksinasi Covid-19 yang dijalankannya oleh pemerintah saat ini.

Selain meningkatkan imunitas, vaksinasi harus aman dan efektif. Dan yang terpenting dari semua itu tentu dapat menimbulkan kekebalan.

Baca juga: ITAGI : Vaksin AstraZeneca Aman untuk Usia 18 Tahun ke Atas, Juga untuk Lansia 

Baca juga: Usai Jalani Vaksin Covid-19, Manoj Punjabi Mulai Berani Kembali Jalani Syuting

Namun, berbeda pada orang dewasa muda, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama vaksinasi pada kelompok lanjut usia (lansia).

Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia disaksikan CEO PT Lippo Malls Indonesia, Eddy Mumin (berdiri, kiri) dan Mall Direktur Cibubur Juntion, Pahala Situmeang (berdiri, kanan) pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia disaksikan CEO PT Lippo Malls Indonesia, Eddy Mumin (berdiri, kiri) dan Mall Direktur Cibubur Juntion, Pahala Situmeang (berdiri, kanan) pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Menurut pemaparan dari Prof. Dr. dr Sitti Setiati SpPD-KGer,M.Epid, lansia memang dapat merasakan efek samping sedikit lebih tinggi dibandingkan dewasa muda.

Namun sejauh ini, efek samping yang ditimbulkan belum ketahap yang lebih serius.

Setelah vaksin, setiap orang akan mengalami reaksi vaksin. Pertama dirasakan itu adalah reaksi lokal.

Kedua adalah nyeri atau pegel.

Ketiga adalah kemerahan pada bekas suntikan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas