Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Banyak Kendala Vaksinasi pada Lansia, Informasi yang Tak Valid hingga Kesulitan Menuju Lokasi Vaksin

Masih banyak kendala yang dihadapi oleh lansia sehingga tertunda bahkan tidak mendapatkan vaksin.

Banyak Kendala Vaksinasi pada Lansia, Informasi yang Tak Valid hingga Kesulitan Menuju Lokasi Vaksin
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Menteri Kesehatan Budi Gunadi yang di dampingi Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris, komisaris dan direktur Lippo meninjau pemberian vaksin buat lansia dilaksanakan di Lippo Mall Puri, Kembangan Jakarta Barat, Selasa(9/3/2021). Lippo Mall Puri menyiapkan area yang mampu melayani 500 peserta vaksin dan akan ditingkatkan menjadi 1.000 peserta vaksin per hari sesuai kuota dari Kemenkes. Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan dukungan tenaga kesehatan yang disiapkan oleh Siloam Hospitals Group. Setiap harinya layanan vaksin lansia beroperasi pada hari Senin hingga Sabtu, mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB selama tiga bulan ke depan dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan. Layanan vaksinasi di Lippo Mall Puri akan memprioritaskan masyarakat yang memiliki KTP DKI Jakarta untuk membantu percepatan program vaksinasi khususnya di wilayah Jakarta Barat dan juga wilayah DKI Jakarta. Warta Kota/henry Lopulalan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi Covid-19 pada masyarakat untuk membentuk herd immunity.

Vaksin merupakan bahan antigenik yang digunakan untuk merangsang sistim kekebalan tubuh pada manusia.

Pemerintah mengawali pemberian vaksinasi dari tenaga kesehatan. Terutama pada mereka yang berada di garda terdepan melawan Covid-19.

Dan kini, warga yang lanjut usia (lansia) juga sudah dalam antrian.

Baca juga: Penjelasan Ahli Agar Vaksin Covid-19 Pada Lansia Efektif, Kakek Nenek Harus Sehat

Baca juga: Apakah Lansia Lebih Berisiko Terkena Efek Samping Vaksin Covid-19? Begini Penjelasannya

Kementerian kesehatan sudah membentuk regulasi khusus terhadap vaksinasi lansia ini.

Namun masih banyak kendala yang dihadapi oleh lansia sehingga tertunda bahkan tidak mendapatkan vaksin.

Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima
Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia pada kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk lansia di Cibubur Junction, Jakarta Timur, Senin (22/3/2021). Lippo Malls menambah jumlah mal untuk membuka layanan vaksinasi Covid-19 sebagai bentuk komitmen Lippo Malls dalam mendukung pemerintah melalui gerakan bersama sukseskan program vaksinasi nasional untuk merealisasikan target nasional 1 juta vaksin per hari, di Cibubur Juntion. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan itu terjadi. Khususnya di daerah DKI Jakarta.

Menurut Prof. Dr. dr Sitti Setiati SpPD-KGer,M.Epid faktor pertama penyebab terhambatnya vaksinasi lansia adalah informasi yang kurang tepat.

Masih banyak informasi yang mengatakan jika lansia tidak boleh divaksin karena dapat menyebabkan risiko berbahaya.

Kedua adalah lokasi. Menurut Sitti, sebagian lansia bahkan ada yang sudah ingin melakukan vaksinasi. Namun masalahnya adalah bagaimana pergi ke lokasi vaksinasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Perhubungan menyediakan bus sekolah sebagai fasilitas transportasi para lansia yang ikut program vaksinasi Covid-19, tapi jarak antara tempat tinggal dan lokasi vaksin terlalu jauh.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Perhubungan menyediakan bus sekolah sebagai fasilitas transportasi para lansia yang ikut program vaksinasi Covid-19, tapi jarak antara tempat tinggal dan lokasi vaksin terlalu jauh. (dok Pemprov DKI)

"Makanya ada terobosan menjemput bola. Di DKI Jakarta sudah ada pengiriman bus ke GBK itu.Dan sekarang ada pembukaan akses seluas-luasnya. Bila perlu lakukan vaksin di balai warga," katanya pada seminar virtual, Selasa (30/3/2021).

Oleh karenanya perlu mendekatkan diri pada masyarakat. Caranya membuat beberapa titik lokasi vaksin di tengah pemukiman yang mudah diakses.

Menurut Sitti, sebaik apa pun jenis vaksin, kalau tidak digunakan malah jadi percuma.

Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas