Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Peran Swasta Dukung Pemerintah Kendalikan Pandemi Lewat Optimalisasi 3T

Pemerintah terus menggaungkan program Testing, Tracing, dan Treatment (3T) sebagai salah satu cara untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19)

Peran Swasta Dukung Pemerintah Kendalikan Pandemi Lewat Optimalisasi 3T
Tribunnews/JEPRIMA
Tenaga kesehatan saat menunjukkan sampel tes usap antigen COVID-19 di Sekretariat Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Minggu (14/2/2021). Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), PFI Pusat bekerja sama dengan Pagar Nusa menggelar tes usap antigen COVID-19 gratis bagi pewarta foto dan warga sekitar untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus menggaungkan program Testing, Tracing, dan Treatment (3T) sebagai salah satu cara untuk mengendalikan pandemi virus corona (Covid-19).

Masyarakat pun diimbau untuk bertanggung jawab terhadap diri dan lingkungannya melalui tes mandiri maupun kelompok agar bisa mengetahui apakah dirinya atau orang disekitarnya terpapar virus tersebut.

Sehingga jika ada yang terpapar, maka mereka akan secara cepat memperoleh perawatan dan pengobatan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) yang disediakan pemerintah maupun melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Prof. dr. Abdul Kadir mengatakan bahwa pelaksanaan program 3T merupakan strategi pemerintah dalam upaya pemerataan testing.

Webinar Kompas Talks bersama Harian Kompas bertajuk '#SATUAKSIUNTUKBERAKSI, Bersama Hadapi Pandemi', Selasa (30/3/2021).
Webinar Kompas Talks bersama Harian Kompas bertajuk '#SATUAKSIUNTUKBERAKSI, Bersama Hadapi Pandemi', Selasa (30/3/2021). (capture zoom meeting)

Selain itu, program tersebut juga dioptimalkan sebagai langkah edukasi bagi masyarakat terkait betapa pentingnya penerapan 3T saat pandemi seperti ini.

"Khususnya pada masyarakat pra sejahtera yang masih kurang menyadari pentingnya testing dan tracing," ujar Prof Abdul, dalam webinar Kompas Talks bersama Harian Kompas bertajuk '#SATUAKSIUNTUKBERAKSI, Bersama Hadapi Pandemi', Selasa (30/3/2021).

Ia pun menilai program ini dapat semakin optimal jika pihak swasta turut mendukung upaya pemerintah.

Seperti yang dilakukan perusahaan asuransi swasta tanah air, Manulife Indonesia.

"Oleh karena itu peran swasta seperti Manulife untuk turut serta mengedukasi masyarakat melalui program 3T sangat membantu percepatan program," jelas Prof Abdul.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas