Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Krisis Alat Medis, Para Ahli Peringatkan Warga India Soal Bahaya Membuat Oksigen di Rumah

Para dokter dan ilmuwan di India memperingatkan kepada masyarakat tentang bahaya mengerikan 'mencoba membuat oksigen medis di rumah

Krisis Alat Medis, Para Ahli Peringatkan Warga India Soal Bahaya Membuat Oksigen di Rumah
Sanjay KANOJIA / AFP
Orang-orang menunggu untuk mengisi ulang tabung oksigen medis mereka untuk pasien Covid-19 di stasiun pengisian oksigen di Allahabad India pada 24 April 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Para dokter dan ilmuwan di India memperingatkan kepada masyarakat tentang bahaya mengerikan 'mencoba membuat oksigen medis di rumah', saat negara itu tengah menghadapi kelangkaan gas dalam pertempuran melawan virus corona (Covid-19).

Tidak hanya itu, para ahli ini menegaskan bahaya tips maupun tutorial membuat oksigen sendiri yang dibagikan melalui berbagai video yang beredar di media sosial tentang metode DIY (do it yourself).

Dikutip dari laman Reuters, Sabtu (1/5/2021), data Google Trends menunjukkan bahwa penelusuran terkait frasa 'cara membuat oksigen di rumah' memuncak pada 25 April lalu, saat krisis Covid-19 di India kian memburuk.

Sementara video YouTube yang merinci proses semacam itu telah ditonton sebanyak ratusan ribu kali.

Video yang menunjukkan cara membuat oksigen melalui metode seperti elektrolisis pun semakin meningkat jumlah viewersnya.

Baca juga: Pemerintah Tripura India Minta Warga Waspada, Usai Temuan 3 Strain Baru Covid-19

Baca juga: Pria 70 Tahun di India Bawa Jenazah Istri yang Positif Covid-19 Pakai Sepeda, Warga Enggan Membantu

Seperti yang disampaikan Sekretaris Asosiasi Medis India untuk wilayah Selatan, negara bagian Tamil Nadu, A Ravikumar.

Pasien covid-19 di India menggunakan oksigen. Obat Covid-19 dan Oksigen Langka Di Rumah Sakit, Warga India Berburu ke Pasar Gelap
Pasien covid-19 di India menggunakan oksigen. Obat Covid-19 dan Oksigen Langka Di Rumah Sakit, Warga India Berburu ke Pasar Gelap (Punit Paranjpe/AFP])

"Memang ada metode yang terbukti secara ilmiah untuk menghasilkan oksigen medis melalui konsentrator. Namun cara lain seperti mencoba membuat oksigen di rumah, tentunya melibatkan banyak risiko seperti kemungkinan terhirupnya gas beracun hingga potensi terjadinya ledakan," kata Ravikumar.

Seorang Ilmuwan di ICMR-National Institute of Epidemiology di Chennai, Tarun Bhatnagar menyebut upaya untuk membuat oksigen buatan sendiri sebagai 'metode yang tidak teruji dan tidak dapat diandalkan'.

"Pendekatan seperti itu bahkan bisa merusak, jika mengarah pada penundaan dalam mencari perawatan kesehatan yang sesuai," tegas Bhatnagar.

Baca juga: Krisis Covid: PM India Didesak Ungkap Data Asli Kasus Positif dan Kematian Akibat Corona

Baca juga: 29 Warga Indonesia di India Positif Covid-19

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas