Tribun

Penanganan Covid

RS Covid-19 Asrama Haji Mulai Beroperasi, Danone Indonesia Salurkan Bantuan, APD hingga Oksigen

Bantuan tersebut dalam rangka mendukung percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Editor: Willem Jonata
zoom-in RS Covid-19 Asrama Haji Mulai Beroperasi, Danone Indonesia Salurkan Bantuan, APD hingga Oksigen
Tribunnews.com/ Eko Sutriyanto
Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur dikonversi menjadi rumah sakit (RS) darurat untuk penanganan Covid-19. Dalam rangka mendukung percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, Danone Indonesia memberi bantuan kepada rumah sakit tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, yang sudah selesai dikonversi menjadi rumah sakit (RS) darurat untuk penanganan Covid-19, siap beroperasi, hari ini, Sabtu (10/07/2021).

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo, dalam keterangannya, seperti dikutip di Kompas.com.

Dalam rangka mendukung percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia, Danone Indonesia terus memperkuat komitmennya melalui pelaksanaan penyerahan bantuan kepada RS Wisma Haji Pondok Gede.

Adapun bantuan yang diberikan antara lain 1000 APD, 1000 Faceshield, 1000 box masker medis, 20 unit Oxygen Fullset berkapasitas 40 Liter, 300 box AQUA 600 ml, dan 300 box AQUA 1500 ml.

Bantuan ini diserahkan langsung kepada Dr. Andi Saguni, MA selaku Chief Ministry Officer Kementerian Kesehatan/Kepala Pusat Analis Determinan Kesehatan sebagai bagian dari kontribusi bersama beberapa anggota kamar dagang Uni Eropa, Eurocham.

Baca juga: RS Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede Hanya Rawat Pasien Gejala Sedang 

Baca juga: Kasus Baru Covid-19 Indonesia Tambah 35.094 pada 10 Juli 2021, Ini 5 Provinsi Penyumbang Terbanyak

Terkait bantuan ini, Andi mengatakan, “Reaksi cepat dan proaktif dari Danone Indonesia dalam menjawab permintaan bantuan disaat kritis ini sangat kami apresiasi."

"Tentunya dengan berbagai kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Pemerintah dan Danone dapat menjadi salah satu faktor dalam mempercepat usaha kita untuk menanggulangi peningkatan kasus covid di Indonesia dan bermanfaat bagi tenaga kesehatan, pasien, dan mereka yang terdampak."

Suasana di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021). RSD Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede difungsikan untuk penanganan?Covid-19?dari mulai gejala sedang hingga berat, dengan kapasitas 910 tempat tidur isolasi, termasuk 36 HCU (high care unit), selain lebih dari 370 tempat tidur untuk tenaga kesehatan. Tribunnews/Herudin
Suasana di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Sabtu (10/7/2021). RSD Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede difungsikan untuk penanganan?Covid-19?dari mulai gejala sedang hingga berat, dengan kapasitas 910 tempat tidur isolasi, termasuk 36 HCU (high care unit), selain lebih dari 370 tempat tidur untuk tenaga kesehatan. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

 
CEO Danone Indonesia, Connie Ang, mengatakan bahwa penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk mendukung upaya mengatasi pandemi COVID-19 melalui kerjasama dengan berbagai pihak di seluruh Indonesia.  

Danone Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan kesehatan dan memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia.

Baca juga: Asrama Haji Pondok Gede Siap Rawat Pasien Covid-19, DPR Ingatkan Pemerintah Perbaiki Akses Informasi

Bantuan ini merupakan bagian dari komitmen besar Danone Indonesia sejak tahun lalu untuk terus mendukung pemerintah selama pandemi COVID-19 terjadi di Indonesi.

"Kami melakukan berbagai aksi secara cepat untuk dapat memberikan bantuan yang esensial, untuk membantu tenaga medis, pasien, serta mereka yang rentan terkena dampak pada kondisi pandemi COVID-19, selain itu kami juga turut membantu menyukseskan pelaksanaan program vaksinasi dengan memberikan dukungan melalui produk hidrasi dan nutrisi sehat di berbagai daerah di Indonesia, tambah Connie.

Rumah Sakit Covid-19 Wisma Haji Pondok Gede merupakan salah satu rumah sakit darurat yang dibangun oleh pemerintah Indonesia sebagai upaya mengatasai lonjakan pasien penderita COVID-19 yang terjadi saat ini.

Rumah sakit ini memiliki kapasitas penampungan sebanyak 900 tempat tidur dan juga telah dilengkapi dengan 50 tempat tidur ICU dan 40 tempat tidur

Danone Indonesia juga turut menyalurkan bantuan ke Rumah Sakit Darurat Kogabwilhan Surabaya berupa 2 unit Mesin HFNC Therapy dan 3 unit Mesin Monitor Anestesi.

Selain itu, bantuan juga diberikan kepada Rusun Nagrak yang ditargetkan menjadi lokasi perawatan OTG oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai alternatif Wisma Atlet Kemayoran, berupa perlengkapan kesehatan dan produk hidrasi AQUA.

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk implementasi dukungan Danone Indonesia dalam menanggulangi pandemi COVID-19, dimana Danone terus berkomitmen untuk mengalokasikan dana sebesar Rp 56 miliar untuk pengendalian COVID-19 dalam bentuk bantuan medis hingga pelaksanaan vaksinasi di seluruh Indonesia.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas