Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

RS Covid-19 Asrama Haji Mampu Rawat Pasien Covid-19 dengan Kondisi Berat hingga Kritis

Gedung Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta kini disulap Pemerintah menjadi RS Pertamina Jaya (RSPJ) Ekstensi.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in RS Covid-19 Asrama Haji Mampu Rawat Pasien Covid-19 dengan Kondisi Berat hingga Kritis
Ist
Peresmian Gedung Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta yang disulap menjadi RS Pertamina Jaya (RSPJ) Ekstensi. (Sumber: Kementerian BUMN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gedung Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta kini disulap Pemerintah menjadi RS Pertamina Jaya (RSPJ) Ekstensi.

Peresmian tersebut dihadiri secara langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rahmat.

Sebagai informasi, dalam hal ini Pertamedika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) ditugaskan untuk mengelola sekaligus melengkapi kebutuhan fasilitas kesehatan, seperti peralatan-peralatan medis yang ada di dalamnya.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, diubahnya asrama Haji menjadi RS penanganan Covid-19 ini merespon kebutuhan ruang perawatan pasien Covid-19 dengan gejala berat hingga kritis, yang saat ini belum terpenuhi.

“Jadi memang Jakarta membutuhkan ICU dan tempat tidur yang banyak sekali,” ujar Menkes Budi saat meresmikan RSPJ Ekstensi Asrama  Haji, Pondok Gede, Jakarta, Senin (19/7/2021).

Baca juga: 17 Juta Masyarakat Adat Tak Mengerti Akses Vaksinasi Covid-19

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengapresiasi kesigapan dan kecepatan Pertamedika dalam menyediakan kebutuhan tempat tidur bagi pasien Covid-19 dengan kondisi berat.

"Ini langkah cepat dan tepat yang dilakukan perusahaan BUMN atas kebutuhan tempat tidur bagi pasien Covid-19 dengan kondisi berat,” ujar Menteri Erick Thohir.

BERITA TERKAIT

“Hal ini sesuai prinsip yang sejak awal pandemi selalu saya tekankan kepada perusahaan perusahaan BUMN bahwa kita siap memastikan hadirnya negara dalam menyiapkan fasilitas-fasilitas dan program penanganan pasien Covid-19," sambungnya.

Lalu, apa saja fasilitas yang ada di dalam RSPJ Ekstensi Gedung Arafah Asrama Haji Embarkasi Jakarta?

Transformasi gedung berlantai 4 dengan luas 1.357 meter itu diprakarsai oleh Pertamina dan Pertamedika IHC sehingga kini memiliki fasilitas gawat darurat dan rawat jalan yang sangat memadai.

RSPJ Ekstensi yang menempati Gedung Utama Arafah di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta memiliki fasilitas pelayanan mulai dari ruang IGD dengan 24 tempat tidur ICU dan enam tempat tidur non ICU.

Kemudian terdapat ruang rawat di lantai 2, 3, dan 4 yang menyediakan 16 tempat tidur HCU, dan 104 tempat tidur ICU.

Dengan total kapasitas 150 tempat tidur rawat isolasi Covid-19, RSPJ Ekstensi diperlengkapi pula dengan 74 unit mesin ventilator, 50 unit High Flow Nasal Canul (HFNC) dan 124 alat bantu pernapasan.

Termasuk fasilitas medis standar untuk penanganan pandemi COVID-19, seperti ISO Tank untuk oksigen sentral, negative pressure dengan hepafilter, radiologi CT scan, x-ray, dan laboratorium klinik.

Selain itu, dua gedung di lingkungan tersebut, Gedung D1 dan D2 juga diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas