Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Satgas Covid-19 Paparkan Standar Ruang Hingga Peralatan Bagi Pasien Isolasi Mandiri

dr Alexander Kaliaga Ginting memaparkan standar ruang isolasi mandiri dan agar menjadi perhatian bagi masyarakat.

Satgas Covid-19 Paparkan Standar Ruang Hingga Peralatan Bagi Pasien Isolasi Mandiri
TRIBUNNEWS/Jeprima
Petugas saat menyemprotkan cairan disinfektan di pemukiman warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di kawasan Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (25/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lonjakan kasus Covid-19 mempengaruhi kapasitas rumah sakit dan memaksa pasien Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang serta tanpa komorbid melakukan isolasi secara mandiri (isoman).

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan STPC-19, Brigjen TNI (Purn) dr Alexander Kaliaga Ginting memaparkan standar ruang isolasi mandiri dan agar menjadi perhatian bagi masyarakat.

Ia mengatakan jika masyarakat ingin melakukan isolasi mandiri di rumah, harus dipastikan memiliki ruang untuk melakukan isolasi mandiri yang memiliki kamar mandi di dalamnya atau di dekatnya.

Dokter Alex menggarisbawahi pentingnya ruang isoman yang memiliki kamar mandi dalam dan tidak bercampur penggunaannya dengan anggota keluarga yang lain.

“Kenapa ini harus ada, karena kalau mandi orang akan membuka baju termasuk masker, sehingga kemungkinan virus akan menyebar di sekitar situ. Kecuali apabila setelah mandi kamar mandi itu dibersihkan di semprot dan di cuci pakai sabun. Begitu orang itu keluar, orang berikutnya belum bisa langsung masuk. Dia harus menunggu 30 menit sampai satu jam baru bisa mandi disana,” ujar Alex, Selasa (27/2/2021).

Baca juga: Tertinggi Sejak Pandemi, Ini Sebaran Kasus Kematian Covid-19 Hari Ini, Terbanyak di Jateng

Saat memberikan penyuluhan kepada kepala desa secara virtual, dr Alex mengatakan ruang isolasi mandiri harus ada jendela dan ventilasi.

Jendela dipastikan tidak dekat dengan jendela tetangga untuk menghindari penyebaran virus.

“Jika dua-duanya dibuka maka virusnya berpindah ke sebelah,” ujarnya.

Kamar untuk pasien isolasi mandiri diusahakan terkena sinar matahari, sehingga pasien yang melakukan isolasi mandiri bisa berjemur terkena matahari setiap pagi.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas