Tribun

KAI Terapkan Kebijakan Baru Bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Mulai 29 Juli 2021, Catat Aturannya

PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali melakukan penyesuaian persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ) yang mulai berlaku 29 Juli 2021.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KAI Terapkan Kebijakan Baru Bagi Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Mulai 29 Juli 2021, Catat Aturannya
Surya/Nuraini Faiq
Ilustrasi kereta api jarak jauh. PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta kembali melakukan penyesuaian persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ) yang mulai berlaku 29 Juli 2021. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta kembali melakukan penyesuaian persyaratan naik kereta api jarak jauh (KAJJ) yang mulai berlaku 29 Juli 2021.

Kebijakan tersebut membuat PT KAI harus membatasi sementara calon penumpang berusia di bawah 12 tahun.

"Penumpang dengan usia tersebut hanya dapat berangkat jika memiliki kebutuhan khusus atau mendesak," kata Kepala Humas PT KAI Eva Chairunisa melalui keterangannya, Jumat (30/7/2021).

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, peraturan ini diterapkan pada perjalanan Kereta Api Jarak Jauh baik dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Karawang, dan Cikampek.

Tujuan dari kebijakan ini kata Eva untuk menekan angka paparan Covid-19 terhadap anak-anak.

"Sebagai bentuk komitmen PT KAI dalam mendukung langkah Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 melalui PPKM Darurat," tuturnya.

Baca juga: Sudah 15 Jenazah Covid-19 Dimakamkan di TPU Jombang Hari Ini

Adapun pengecualian bagi calon penumpang KA usia di bawah 12 tahun dapat melakukan perjalanan KA jika dalam keadaan kebutuhan mendesak.

Namun, kata dia, tetap wajib disertai surat keterangan dari pemerintah setempat (Lurah/RW/RT), rumah sakit, sekolah, dan lainnya.

Sebagai contoh calon penumpuang di bawah 12 tahun dengan kebutuhan mendesak, yaitu mengikuti lomba olimpiade matematika di kota lain maka harus membawa surat keterangan dari sekolah.

Kemudian, seorang anak harus melakukan pengobatan di rumah sakit di kota lain maka harus ada surat pengantar dari dokter dan lain sebagainya.

Baca juga: Keterisian Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19 di RS Rujukan DKI Turun hingga 62%

Tak hanya itu, kata Eva terdapat pula ketentuan perjalanan KA Jarak Jauh lainnya yang wajib diperhatikan pelanggan KA, yang berlaku sejak 29 Juli 2021, di antaranya;

Pertama, calon pengguna KAJJ wajib menunjukkan hasil pemeriksaan covid-19 dengan hasil negatif baik RT PCR yang berlaku 2x24 jam atau Antigen yang berlaku 1x24 jam sejak pengambilan sampel.

Kedua, calon pengguna KAJJ wajib memiliki bukti telah melakukan vaksin pertama dalam bentuk Kartu Vaksinasi, e-sertifikat maupun bukti vaksin elektronik lainnya yang menyatakan telah disuntik vaksin minimal vaksin dosis pertama.

Baca juga: Puan Maharani: Fasilitas Isolasi Pasien Covid-19 Khusus DPR Belum Diperlukan

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas