Tribun

Virus Corona

Permintaan Banyak Tapi Stok Minim, BPPT Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Darah

Metode pengobatan ini dinilai sebagai terapi yang efektif bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di fasilitas layanan kesehatan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Permintaan Banyak Tapi Stok Minim, BPPT Gelar Donor Plasma Konvalesen dan Darah
ist
Kegiatan 'Bakti Teknologi' Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen Para Penyintas Covid-19 di Gedung Teknologi 2 BPPT, Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Senin (16/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di masa pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini, angka masyarakat Indonesia yang terinfeksi virus tersebut masih tergolong tinggi.

Pemerintah pun tidak hanya berupaya untuk menerapkan program vaksinasi demi mencapai kekebalan komunal (herd immunity), namun juga mendorong agar mereka yang telah pulih (penyintas) dari Covid-19 mau mendonorkan plasma konvalesen.

Lalu apa itu plasma konvalesen ? Perlu diketahui, donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma yang diambil dari penyintas, kemudian diberikan kepada pasien Covid-19.

Metode pengobatan ini dinilai sebagai terapi yang efektif bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani perawatan di fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti rumah sakit.

Plasma konvalesen ini berbentuk cairan dari darah yang mengandung beberapa komponen.

Baca juga: Jusuf Kalla: Stok Plasma Konvalensen di PMI Ada 600 Sementara Waiting List 3.000 Per Hari

Salah satu komponen yang terkandung di dalamnya adalah antibodi Covid-19 dari para penyintas.

Jika diberikan kepada mereka yang masih terinfeksi Covid-19, plasma ini diyakini dapat membantu meningkatkan kadar antibodi pasien, sehingga pasien akan lebih cepat pulih dan kembali sehat.

Namun mirisnya, masih banyak masyarakat yang minim edukasi terkait betapa penting dan bermanfaatnya plasma konvalesen dalam membantu sesama di masa pandemi ini.

Oleh karena itu, saat ini banyak lembaga pemerintah maupun swasta yang berupaya mengedukasi serta memberikan contoh betapa pentingnya mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu terapi pengobatan pada pasien Covid-19.

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas