Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Menko PMK: Plasma Konvalesen Terbukti Dapat Membantu Terapi Pasien Covid-19

Aktivitas fraksionasi hasil donor harus didorong menjadi kegiatan produksi berkualitas yang memenuhi standar CPOB dan GMP serta harus

Menko PMK: Plasma Konvalesen Terbukti Dapat Membantu Terapi Pasien Covid-19
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang menggelar donor darah dan donor plasma konvalesen yang bertempat di Gedung Mandalika Jalan Re. Martadinata No.12, Tawangsari, Semarang. Jawa Tengah, Kamis (12/8/21. Setidaknya ada 15 anggota Lanal yang mendonorkan plasma konvalesen dan yang lainnya donor darah. (Tribun jateng/Hermawan Handaka) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan plasma konvalesen yang bersumber dari para penyintas terbukti dapat membantu untuk terapi pasien Covid-19.

Muhadjir mengatakan temuan ini berdasarkan evaluasi maupun bukti-bukti di lapangan.

"Sekarang ini bahkan ke depannya kita sudah mulai menjadikannya sebagai titik tolak untuk membikin berbagai macam fraksionasi, termasuk albumin yang sangat dibutuhkan oleh dunia medis. Nanti ini akan ditindaklanjuti oleh tim khusus," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Baca juga: Stok Plasma Konvalesen di PMI Membaik, Total Ada 7.444 Kantong

Sampai saat ini jumlah plasma konvalesen sudah terkumpul hampir 100 ribu kantong dengan stok plasma konvalesen saat ini sebanyak 7.500 kantong. Sedangkan, jumlah pendonor sekitar 20 ribu orang.

Menurut Muhadjir, aktivitas fraksionasi hasil donor harus didorong menjadi kegiatan produksi berkualitas yang memenuhi standar CPOB dan GMP serta harus didukung hasil riset berkualitas.

Baca juga: Kadin Kerja Sama dengan PMI Sediakan Sarana dan Prasarana Donor Plasma Konvalesen

Saat ini telah ada 18 UDD yg memenuhi CPOB. Telah ada keputusan Menteri Kesehatan yang menunjuk PT Bio Farma sebagai fasilitas Fraksionasi plasma.

“Ini suatu pengalaman best experience yang bagus untuk perkembangan pemanfaatan lebih lanjut dari gerakan plasma konvalesen ini. Saya kira ini inisiatif yang bagus dari Indonesia,” tutur Muhadjir.

Gerakan Nasional Plasma Konvalesen telah dicanangkan sejak awal Januari lalu.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas