Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Situasi Pandemi Terbaru: Angka Kematian Nasional Naik 14 Persen

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan update terbaru terkait pandemi global dan nasiona

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Update Situasi Pandemi Terbaru: Angka Kematian Nasional Naik 14 Persen
Youtube Kementerian Kesehatan RI
Jubir Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi Sebut 2 Persen Pelaku Perjalanan Internasional Positif COvid-19 saat masuk Indonesia (Youtube Kementerian Kesehatan RI) Sabtu (10/9/2021) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menyampaikan update terbaru terkait pandemi global dan nasional.

Saat ini kata Nadia, di tingkat global masih dalam situasi gelombang ketiga dan keempat.

Namun, beberapa negara sudah mulai menunjukkan penurunan kasus baru mingguan.

"Kita ketahui berdasarkan laporan WHO terjadi penurunan kasus mingguan sebanyak 5 persen. Dan kematian turun sebanyak 10 persen," ungkapnya pada kanal YouTube Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) -KPCPEN, Rabu (15/12/2021).

Sehingga sampai saat ini tercata total lebih dari 268 juta kasus Covid-19 dengan 5,2 juta kematian. Saat ini Afrika mengalami peningkatan sangat tajam. 

Yaitu sebesar 111 persen dan mungkin berkaitan dengan kemunculan varian Omicorn di sana. Ada pun negara yang melaporkan kasus tertinggi adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis dan Rusia.

BERITA TERKAIT

Untuk cakupan vaksinasi, ini juga masih bervariasi. Terutama untuk negara Afrika terhitung masih rendah dbandingkan negara lainnya. Nadia pun menyampaikan situasi di Indonesia terjadi penurunan kasus baru mingguan sebesar 17 persen. 

"Walau terjadi peningkatan kematian 14 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Artinya kita harus lebih waspada untuk melakukan deteksi lebih dini," tambahnya.

Baca juga: Omicron: Seperti apa dan bagaimana asal muasal varian Covid yang menyebar dengan kecepatan yang belum pernah terjadi

Di sisi lain testing rate dan positivity rate serta penggunaan tempat tidur Covid-19 menurut Nadia masih dalam level aman. Namun Nadia masih tetap menegaskan masyarakat untuk taat protokol kesehatan.

"Kita tentu harus tetap waspada dan bersiap, jika gelombang berikutya muncul. Sejauh ini dari hasil sekuensing nasional, kita belum menemukan kasus omicorn di negara kita ini," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas