Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dicari 405 Relawan Vaksin Merah Putih untuk Uji Klinis Tahap 2, Syaratnya Belum Pernah Vaksin

Syaratnya belum pernah divaksin sama sekali, usia 18 tahun ke atas, kalau wanita tidak sedang hamil, tidak menderita HIV, dan kalaupun ada penyakit

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Dicari 405 Relawan Vaksin Merah Putih untuk Uji Klinis Tahap 2, Syaratnya Belum Pernah Vaksin
Tribunnews.com/ Rina Ayu
Serah terima bibit vaksin dilakukan simbolis dari Rektor Univesitas Airlangga Muhammad Nasih kepada Direktur PT Biotis, FX Sudirman di Aula Gedung Garuda Mukti, Selasa (9/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Vaksin Merah Putih direncanakan melakukan uji klinis tahap 2 pada 28 Maret 2022.

Uji klinis tahap 2 rencananya akan melibatkan sebanyak 405 relawan.

Pelaksanaan uji klinis ini dilakukan setelah vaksin mengantongi sertifikat halal dari MUI dan melaksanakan uji klinis tahap 1 dengan 90 orang relawan.

Tim Uji Klinis Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (UNAIR) Dr dr Gatot Soegiarto SpPD-KAI FINASIM menyampaikan, relawan Vaksin Merah Putih akan mendapatkan manfaat vaksin Covid-19 inactivated yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga (UNAIR).

Relawan juga akan mendapatkan pengawasan fisik dan laboratoriun oleh tim peneliti, dana transport pada setiap kunjungan, hingga masuk dalam skema PCare (masih dalam proses) dan juga aplikasi PeduliLindungi.

"Syaratnya belum pernah divaksin sama sekali, usia 18 tahun ke atas, kalau wanita tidak sedang hamil, tidak menderita HIV, dan kalaupun ada penyakit komorbid adalah penyakit komorbid yang terkendali,” jelas Gatot dikutip dari keterangan UNAIR, Sabtu (5/3/2022).

Baca juga: Indonesia Terima 3,4 Juta Vaksin Pfizer Donasi dari Amerika Serikat

Ia mengatakan, jika berminat menjadi relawan Vaksin Merah Putih, masyarakat dapat mengisi tautan Form Pendaftaran Uji Klinis Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga (UNAIR) atau menghubungi dr Fany Arsyad (+6281333355533), dr Laksmi Wulandari (+628123019591), dr Randy Pangestu (+6289699668343), atau Lintang Prayogi (+6282232457512).

BERITA TERKAIT

Disinggung efek samping dari Vaksin Merah Putih. Secara tegas Gatot menjelaskan, sejauh ini mulai uji pre-klinis hingga uji klinis tahap 1, belum terdapat laporan berkaitan dengan efek samping yang serius.

“Kalaupun ada efek samping itu berupa seperti biasa lah, kalau disuntik di daerah lengan ada sedikit rasa kemeng, itupun hanya persentasenya kecil, di bawah lima persen,” jelas Gatot.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas