Tribun

Penanganan Covid

Inisiatif Indonesia, Negara ASEAN Saling Akui Sertifikat Vaksin Covid-19

Negara-negara anggota ASEAN membuat kesepakatan saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Inisiatif Indonesia, Negara ASEAN Saling Akui Sertifikat Vaksin Covid-19
Tribunnews
Ilustrasi sertifikat vaksin Covid-19 yang dicetak menjadi kartu. 

TRIBUNNEWS.COM - Negara-negara anggota ASEAN membuat kesepakatan saling mengakui sertifikat vaksinasi Covid-19.

Kesepakatan ini dibahas dalam pertemuan Menteri Kesehatan se-ASEAN ke-15 (15th AHMM) yang diselenggarakan di Bali, Sabtu (14/5/2022) lalu.

Dilansir laman Kemkes, deklarasi saling pengakuan sertifikat Vaksinasi Covid-19 di seluruh negara Asia Tenggara merupakan inisiatif Indonesia sebagai Chair dalam pertemuan tersebut.

"Dengan adanya saling pengakuan sertifikat vaksin diharapkan warga negara anggota ASEAN dapat melakukan perjalanan dengan aman ke negara-negara ASEAN lainnya," ujar Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)

Baca juga: Update Covid-19 Global 17 Mei 2022: Total Infeksi Covid-19 522,7 Juta Kasus, Sembuh 492,7 Juta

Pengakuan sertifikat Vaksinasi Covid-19 di seluruh negara ASEAN diharapkan dapat menciptakan kemudahan mobilitas antar negara di kawasan ASEAN dalam kerangka pelaksanaan protokol kesehatan yang telah diakui secara global.

Deklarasi ini turut menjadikan sertifikat internasional Indonesia di PeduliLindungi diakui di seluruh negara kawasan ASEAN.

Sistem Verifikasi Sertifikat

Dalam pertemuan tersebut, turut dibahas pentingnya ketersediaan mekanisme universal verifikasi sertifikat antar negara ASEAN.

Dengan adanya mekanisme universal verifikasi sertifikat antar negara ASEAN maka proses verifikasi akan keotentikan dan keaslian sertifikat lebih mudah.

Berangkat dari kebutuhan tersebut Indonesia turut menginisiasi aplikasi web sebagai mekanisme universal verifikasi sertifikat negara ASEAN.

Baca juga: Perjalanan Internasional Kian Aman, Sertifikat Vaksin Covid-19 Diakui Setiap Negara ASEAN

Pemanfaatan aplikasi web untuk universal verifikasi sertifikat antar negara ASEAN dapat mempersingkat proses verifikasi terutama di poin kedatangan antar negara.

Pemanfaatan aplikasi web ini dilakukan secara sukarela oleh masing-masing negara anggota ASEAN dan dapat diintegrasikan dengan sistem yang sudah tersedia di masing-masing negara.

Aplikasi web ini akan dikelola oleh Sekretariat ASEAN dalam menjaga keberlanjutan, transparansi, netralitas, kerahasiaan, integritas dan ketersediaan.

Update Capaian Vaksinasi

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas