Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Anggota Komisi I DPR Dapil Jatim IV Salurkan Bantuan Sembako ke Lokasi Gempa Jatim

Syaiful Bahri memberikan bantuan pada warga secara Langsung ke rumah-rumah warga yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Lumajang.

Anggota Komisi I DPR Dapil Jatim IV Salurkan Bantuan Sembako ke Lokasi Gempa Jatim
DPR RI
Anggota Komisi I DPR RI Dapil Jatim IV dari fraksi PKB Syaiful Bahri Anshori. Sabtu (17/4/2021), menyerahkan ratusan sembako untuk membantu kebutuhan warga pasca bencana gempa bumi yang menimpa beberapa rumah dan bangunan di beberapa kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

TRIBUNNEWS.COM - Anggota Komisi I DPR RI Dapil Jatim IV dari fraksi PKB Syaiful Bahri Anshori, memberikan bantuan pada korban bencana gempa di Kabupaten Lumajang, sebagai bentuk kepedulian terhadap korban gempa, pasca bencana gempa yang menghantam wilayah Jawa Timur, tepatnya di daerah Lumajang.

Kondisi wilayah tersebut mengalami kerusakan terparah dan mengakibatkan warga sangat membutuhkan bantuan sembako maupun perbaikan rumah mereka.

Anggota Komisi I DPR RI dari fraksi PKB, Syaiful Bahri, secara khusus melakukan tinjauan dan bantuan sembako dalam masa reses Sidang Paripurna ke 4 tahun 2021.

Dalam kunjungan ke lokasi bencana bersama tim program Suara Dapil TVR Parlemen, Syaiful Bahri memberikan bantuan pada warga secara Langsung ke rumah-rumah warga yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Lumajang.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini, pada Sabtu (17/4/2021) menyerahkan ratusan sembako untuk membantu kebutuhan warga pasca bencana gempa bumi, yang menimpa beberapa rumah dan bangunan di beberapa kecamatan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gempa berkekuatan 6,1 magnitudo ini mengakibatkan kerusakan yang cukup parah. Sebanyak 3.748 unit bangunan rusak, 1.600 di antaranya rusak ringan, 1.130 rusak sedang, dan 1.018 rumah rusak berat. Wakil rakyat dari Dapil Jawa Timur IV, yang meliputi Kabupaten lumajang dan Kabupaten Jember itu merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Apalagi, peristiwa tersebut terjadi bertepatan dengan bulan Ramadan.

"Apa yang saya lakukan ini adalah kewajiban saya sebagai wakil rakyat bagi masyarakat di wilayah Lumajang," kata Syaiful, saat mengunjungi langsung wilayah terdampak bencana,. Anggota Komisi I DPR RI itu menambahkan, apa yang dilakukannya itu memang tidak bisa menyelesaikan semua permasalahan, mengingat banyaknya bangunan yang membutuhkan bantuan.

Ia melanjutkan, "Tapi paling tidak, bantuan ini bisa sedikit meringankan korban gempa kemarin," tambah Legislator PKB itu. Mengenai proses penyalurannya, Syaiful, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Sembilan Bintang Amanah PKB itu menjelaskan, bantuan akan disalurkan melalui pasukan infantri dari Kodim 0821/Lumajang, agar bisa segera di distribusikan kepada warga terdampak bencana."

Sementara itu, Dandim 0821 / lumajang, Letkol Inf Andi A. Wibowo selaku kepala koordinasi kebencanaan gempa bumi wilayah Lumajang, mengapresiasi bantuan dari anggota DPR RI fraksi PKB itu. Menurutnya, kebutuhan warga terdampak bencana sangat di butuhkan saat ini.

Selanjutnya Letkol Inf Andi menjelaskan alur distribusi bantuan yang akan di lakukan dalam membantu warga terdampak gempa bumi, mulai dari kawasan Kecamatan Tempursari, Pasirian, Pasrujambe Lumajang dan sejumlah Kecamatan lain. Letkol Inf Andi menambahkan, saat ini Jajaran TNI telah mendirikan Posko darurat bencana gempa di Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Lumajang.

"Sejak beberapa malam tadi kami telah mendirikan Posko bencana gempa dan kami bersama warga tidur di Posko," katanya, Sabtu (17/4/2021).

Syaiful Bahri, dalam kunjungannya tersebut, meminta agar Pemkab Lumajang bisa melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di sekitar tebing, mengingat di wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan yang rawan terjadi tanah longsor, apabila terjadi gempa susulan.

Di akhir kunjungannya, Syaiful Bahri berharap bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini kementrian PUPR, untuk memberikan bantuan khusus guna merehabilitasi bangunan dan fasilitas umum yang terdampak di wilyah tersebut. (*)

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas