Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pasien Covid Wafat Saat Isoman, Komisi IX Desak 'Telemedicine' Diperluas

Program telemedicine dan obat gratis bagi warga yang isoman dari Kemenkes sudah baik. Namun, program tersebut perlu segera diperluas.

Pasien Covid Wafat Saat Isoman, Komisi IX Desak 'Telemedicine' Diperluas
dok. DPR RI
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan memperluas layanan telemedicine dan obat ke pasien isolasi mandiri (isoman). Hal tersebut diungkapkan Charles merespons pernyataan Kelompok Pemantau Perkembangan Corona (LaporCovid-19) yang menyebut ada 547 orang pasien Covid-19 wafat saat melakukan isoman.  

"Pemerintah harus memastikan bahwa setiap pasien Covid-19 baik yang dirawat di rumah sakit maupun yang melakukan isolasi mandiri harus bisa mendapatkan akses konsultasi dokter dan obat-obatan yang dibutuhkan," kata Charles baru-baru ini.

Charles menilai, program telemedicine dan obat gratis bagi warga yang isoman dari Kemenkes sudah baik. Namun, ia mendesak program tersebut segera diperluas.

"Layanan tersebut harus segera diperluas sehingga pasien di luar Jabodetabek yang melakukan isolasi mandiri tetap bisa dimonitor oleh tenaga kesehatan dan mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan," pinta Charles.

Legislator F-PDI Perjuangan itu juga mendorong TNI, Porli hingga perangkat RT/RW dilibatkan untuk mengawasi pasian Corona yang sedang isolasi mandiri  untuk memastikan kondisi pasien.

"Pemerintah juga harus memberdayakan perangkat di wilayah, seperti RT/RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk melakukan monitoring terhadap pasien Covid di bawah pengawasan puskesmas setempat," katanya. 

Dengan demikian, Charles berharap pasien yang melakukan isolasi mandiri bisa dipastikan tetap mendapatkan obat-obatan yang dibutuhkan untuk melawan penyakit yang dideritanya. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas