Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jelang Puncak Haji 2022 di Arafah, Jemaah Indonesia Diimbau Fokus Jaga Stamina

Jemaah Haji Indonesia diimbau untuk fokus menjaga staminanya jelang puncak Haji 2022 yang dimulai pada 9 Dzulhijjah atau Jumat (8/7/2022).

Penulis: Suci Bangun Dwi Setyaningsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Jelang Puncak Haji 2022 di Arafah, Jemaah Indonesia Diimbau Fokus Jaga Stamina
AFP/-
Jemaah Muslim berkumpul untuk berdoa di Masjidil Haram di kota suci Mekah Arab Saudi pada 1 Juli 2022. Jemaah Haji Indonesia diimbau untuk fokus menjaga staminanya jelang puncak Haji 2022 yang dimulai pada 9 Dzulhijjah atau Jumat (8/7/2022) mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus menjaga staminanya menjelang puncak haji 2022.

Sebagaimana diketahui, puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) dimulai pada 9 Dzulhijjah atau Jumat (8/7/2022) mendatang.

Pada waktu tersebut, jemaah haji memerlukan tenaga yang prima untuk melakukan rangkaian ibadah haji.

"Ibadah haji itu puncaknya pada hari Arafah, dilanjutkan dengan pergerakan menuju Muzdalifah, dan Mabit di Mina. Rangkaian ritual haji ini memerlukan tenaga yang cukup," kata Ace di Makkah, dikutip Tribunnews.com dari Kemenag.go.id, Minggu (3/07/2022).

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan dirinya untuk aktivitas tersebut yang tentu memerlukan stamina yang prima," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ace berpesan, agar jemaah lebih baik beribadah di hotelnya masing-masing dalam tiga hari ke depan.

Baca juga: 240 Jemaah Haji Indonesia akan Jalani Safari Wukuf atau Berwukuf di Dalam Ambulans/Kendaraan

Ace menyebut, pihak panitia haji telah menyediakan konsumsi yang cukup.

BERITA REKOMENDASI

Sehingga, jemaah tak perlu keluar hotel meski untuk tujuan ke Masjid Al-Haram atau hanya untuk berbelanja.

"Inilah momentum yang tepat bagi calon jemaah haji kita untuk mempersiapkan diri menyempurnakan rukun Islamnya," ucap Ace.

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa'adi.

Wamenag juga mengimbau jemaah haji agar menjaga kesehatan jelang puncak ibadah haji 2022 di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Dikutip dari Kompas.com, Zainut mengingatkan, jemaah haji asal Indonesia agar bisa mengatur waktu secara baik.

"Jemaah tetap diberikan kesempatan untuk beribadah semaksimal mungkin. Tapi nanti pada hari jelang wukuf, kami mengimbau pada masyarakat agar tidak memaksakan diri pergi ke (Masjidil) Haram. Jadi lebih baik dia memaksimalkan untuk beribadah di pondokan," kata Zainut saat konferensi pers di Media Center Haji Indonesia, Mekkah.

Jemaah Haji Indonesia asal Bandung embarkasi Jakarta Bekasi tengah menunggu giliran untuk bisa masuk dan berdoa di Raudhah, Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, Minggu (26/6/2022).
Jemaah Haji Indonesia asal Bandung embarkasi Jakarta Bekasi tengah menunggu giliran untuk bisa masuk dan berdoa di Raudhah, Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi, Minggu (26/6/2022). (Aji Bramastra/Tribunnews.com)

Zainut menambahkan, agar jemaah haji terus menjaga kesehatan guna menghindari dehidrasi.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas