Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

H-39 Pemberangkatan Calon Jemaah, Kemenag Klaim Persiapan Layanan Haji di Atas 90 Persen

Otoritas penyelenggara ibadah haji Kementerian Agama, mengklaim persiapan layanan jamaah haji sudah mencapai 91 persen

Penulis: Rachmat Hidayat
Editor: Adi Suhendi
zoom-in H-39 Pemberangkatan Calon Jemaah, Kemenag Klaim Persiapan Layanan Haji di Atas 90 Persen
Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Ibadah haji. Otoritas penyelenggara ibadah haji Kementerian Agama, mengklaim persiapan layanan jamaah haji sudah mencapai 91 persen 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas penyelenggara ibadah haji Kementerian Agama, mengklaim persiapan layanan jamaah haji sudah mencapai 91 persen pada H-39 pemberangkatan kelompok terbang (kloter) I dari 14 bandara embarkasi haji Indonesia.

Jamaah haji gelombang I bertahap masuk asrama haji di 14 bandara embarkasi, Minggu (23/5/2023) dan terbang ke Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Senin (24/5/2023).

"Alhamdulillah beberapa kontrak layanan (akomodasi, transportasi, katering) sudah siap. Insyallah, Prosentase (kesiapan layanan haji) saya kira di atas 90 persen lah," kata Arsyad pada gladi posko pelayanan Petugas Penyenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Jemaah haji Indonesia berjumlah 221 ribu, dengan rincian 207 ribu jamaah reguler, 17.921 haji khusus, dan 4200 petugas PPIH Arab Saudi dan petugas haji daerah.

Baca juga: Kemenag Terbitkan KMA Soal Biaya Perjalanan Ibadah Haji, Berikut Besaran Bipih & Sebaran Provinsi

Dari sisi petugas PPIH Arab Saudi, Minggu (16/4/2023) siang, sudah merampungkan bimbingan teknis (bimtek) terintegrasi selama 10 hari di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Total petugas PPIH ini 1.243 personel; terdiri dari 306 petugas kesehatan dan sisanya, 937 personel dari petugas ibadah, transportasi, akomodasi, konsumsi, pemandu lanjut usia dan disabilitas, petugas kedatangan dan kepulangan bandara, perlindungan jamaah, kesekretariatan, siskohat, P3KHJ, dan media center.

Sejak Jumat (14/4/2023), petugas PPIH ini sudah menggelar simulasi posko di masa puncak ibadah haji (masyair, 8 hingga 13 Dzulhijjah).

Baca juga: Menteri Agama Sebut Keppres Terkait Ibadah Haji Ditargetkan Terbit Sebelum Lebaran

BERITA REKOMENDASI

Para petugas juga sudah dibagi ketiga daerah kerja, Mekah, Madinah, dan dua bandara; Madinah dan Jeddah.

Para petugas pun sudah terdistribusi dan simulasi untuk pekerjaan teknis dibagi ke-11 sektor di daker Makkah, lima sektor di Madinah, dan dua sektor di bandara.

Dari sisi akomodasi, dan transportasi, pihak kemenang menyebut, selepas Idul Fitri 1444 H, akan mengirim tim teknis, siskohat dan dukungan kesekretariatan untuk menyelesaikan kontrak hotel, maktab dan transportasi dengan pihak syarikah Arab Saudi.

Ia menjelaskan sejumlah kontrak yang belum selesai di antaranya terkait harga dan Indonesia memiliki nilai tawar tinggi selain karena sebagai pengirim jamaah haji terbanyak, manajemen hotel di Arab Saudi juga senang dengan jamaah haji dari Indonesia.

"Pengakuan para manajemen hotel, jamaah haji Indonesia tidak banyak menuntut, tidak membuat onar, dan tidak membuat masalah ketika layanan tidak seusai harapan. Ada dari negara lain, memasukkan jeruk ke toilet karena kecewa dengan layanan hotelnya," katanya.

Siang tadi, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas, melapas ekspor perdana 1,25 juta paket makanan siap saji ke Arab Saudi.

Paket makanan siap saji dari PT Halalan Thoyibban ini, akan jadi salah satu menu makanan harian 209 ribu jamaah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas