Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Petugas Haji Diharapkan Mampu Menjadi Pembimbing Ibadah Jemaah

Ia meminta, petugas memastikan jemaah cukup istirahat dan tidak dalam keadaan perut kosong.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Petugas Haji Diharapkan Mampu Menjadi Pembimbing Ibadah Jemaah
Tribunnews.com/Aji Bramasta
Petugas Haji Indonesia tengah memeriksa jadwal kedatangan bus jemaah haji Indonesia di Terminal Al Hijrah, Madinah, Senin (26/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasi Bimbingan Ibadah Daker Mekkah Zulkarnain Nasution meminta, petugas haji semua layanan mampu menjadi pembimbing ibadah haji.

Oleh karena itu, petugas haji diharapkan terus memperdalam ilmu manasik haji agar dapat melayani jemaah haji sesuai dengan ketentuan syariat dan ketetapan Kementerian Agama.




"Jangan sampai kita mendengar ada Petugas yang menghindar ketika Jemaah Haji mengharapkan pertolongan Petugas, terkhusus dalam layanan Ibadah," kata dia kepada wartawan pada Selasa (6/6/2023).

Di samping itu, diharapkan juga petugas haji ketika kedatangan jemaah di hotel terutama ketua rombongan dan ketua regu untuk tidak terburu-buru melakukan thawaf ke Masjid Haram.

Ia meminta, petugas memastikan jemaah cukup istirahat dan tidak dalam keadaan perut kosong.

"Usahakan berangkat thawaf minimal 4 jam setelah kedatangan dan menghindari thawaf disaat siang hari," harap Zulkarnain.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk Petugas Haji: Tunjukkan Profesionalisme

BERITA TERKAIT

Diimbau bagi Karom dan karu mendahulukan thawaf ke haram bagi jemaah haji yang sehat-sehat, kemudian disusul jemaah lansia dan jemaah yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Syukur-syukur setelah jemaah menyelesaikan thawafnya bagi jemaah sehat yang kuat fisiknya dapat membantu melayani thawaf jemaah haji lansia dan jemaah yang memerlukan perhatian khusus," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas