Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenag: 93 Ribu Lebih Jemaah Indonesia Telah Tiba di Tanah Air

PPIH kembali mengingatkan jemaah haji indonesia selama di Madinah khususnya saat di Masjid Nabawi untuk mematuhi ketentuan otoritas Saudi

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kemenag: 93 Ribu Lebih Jemaah Indonesia Telah Tiba di Tanah Air
Media Center Haji (MCH) 2024/Indah Limmy
Seorang jemaah haji dari kloter Gelombang I (SUB 46) berdoa jelang kepulangan.Proses pemulangan jemaah dari Hotel Rizq Palace, Misfalah, Makkah, Rabu (3/7/2024) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air berjumlah 93.614 orang tergabung dalam 238 kelompok terbang hingga tanggal 04 Juli 2024 pukul 21.00 WAS. 

Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda menyampaikan dengan berakhirnya pemulangan fase pertama proses pemulangan jemaah haji Gelombang II dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah dimulai. 

“Jemaah kelompok terbang (kloter) 10 Embarkasi Palembang (PLM-10) menjadi rombongan perdana yang diberangkatkan dari Bandara AMAA Madinah. Sebanyak 443 jemaah PLM 01 diberangkatkan dengan 11 bus dari hotel menuju Bandara Madinah," ujar Widi dalam keterangan resmi, Jumat (05/07/2024).

Dalam keterangannya, PPIH kembali mengingatkan jemaah haji indonesia selama di Madinah khususnya saat di Masjid Nabawi untuk mematuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh otoritas Saudi. 

Baca juga: Jemaah Haji Banten dan Semarang Diantar ke Asrama Haji Debarkasi Baru

Ketentuan ini khususnya oleh aparat yang bersiaga dan mengatur pergerakan dan flow jemaah di Masjid Nabawi. 

“Upaya yang dilakukan aparat tersebut tentunya dengan pertimbangan teknis agar proses beribadah jemaah di masjid tertib dan berjalan lancar. Terlebih suasana masjid akan padat pada waktu-waktu salat lima waktu,” kata Widi. 

BERITA TERKAIT

Hari ini sesuai edaran Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, layanan bus shalawat dari hotel ke Masjidil Haram berhenti sementara mulai pukul 09.00 WAS. 

“Bus hanya mengantar jemaah dari Masjidil Haram ke hotel. Layanan bus shalawat akan kembali beroperasi setelah salat Jumat di Masjidil Haram pukul 14.00 WAS,” jelasnya. 

“Karenanya, jemaah yang hendak salat Jumat di Masjidil Haram, agar menyesuaikan dengan edaran yang diterbitkan PPIH tersebut,” tambahnya. 

Hari ini, Jumat, 5 Juli 2024 terdapat 21 kelompok terbang, dengan jumlah jemaah haji sebanyak 8.167 orang. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas