Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Solusi Tunggal Palestina yang Selalu Dihambat Amerika

Untuk kesekian kalinya PM Mahmoud Abbas mendesak PBB menerima Palestina sebagai anggota, meski itu pasti dilawan Amerika.

Penulis: Samuel Febrianto
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Ini Solusi Tunggal Palestina yang Selalu Dihambat Amerika
Tribun Pontianak/Leo Prima
Seorang mahasiswi berdoa untuk keselamatan warga Palestina, saat berunjuk menentang agresi Israel di Gaza, di Bundaran Tugu Digulis Pontianak, Rabu (21/11/2012). Aksi yang digalang FSLDK dan KAMMI Kalbar ini, juga mengumpulkan dana untuk disumbangkan ke Palestina. (Tribun Pontianak/Leo Prima) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Samuel Febriyanto

TRIBUNNEWS.COM, RAMALLAH - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mengatakan satu-satunya kesempatan untuk mencapai perdamaian di Palestina, adalah, meningkatkan status keanggotaan Palestina menjadi negara anggota, di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

"Pihak Palestina siap untuk kembali ke meja perundingan secepat mungkin untuk mendapatkan keanggotaan negara Palestina," ujar Abbas seperti dilansir oleh Xinhua, Minggu (25/11/2012).

"Ini mungkin kesempatan terakhir untuk membuat perdamaian di Timur Tengah," lanjutnya.

Meskipun keinginan Palestina itu ditentang oleh Amerika Serikat (AS), namun Abbas meyakini tidak ada yang bisa menghambat negaranya mendapatkan keanggotaan lengkap di PBB.
"Tidak ada yang mencegah kita dari mendapatkan keanggotaan lengkap di PBB," tuturnya, dan berjanji akan memasukan permohonan Palestina ke PBB pada 29 November mendatang.

Selain itu Abbas berharap bahwa Presiden AS, Barack Obama akan memenuhi janjinya yang dibuat pada tahun 2009 mengenai solusi dua-negara dan penentangannya terhadap pembangunan permukiman di tanah Palestina.

Pembicaraan perdamaian antara Israel dan Palestina berhenti pada tahun 2010, lantaran sengketa pembangunan permukiman Yahudi di wilayah Tepi Barat, di tanah Palestina. (xinhua)

BERITA TERKAIT

Baca artikel menarik lain sebelumnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas