Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menyusuri Jejak Kebudayaan Jerman di Kota Qingdao: Katedral Berdiri Kokoh

Jejak-jejak kebudayaan Jerman terdapat di China. Ikuti cerita dari pengalaman Tribunnews berkunjung ke kota itu.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Menyusuri Jejak Kebudayaan Jerman di Kota Qingdao: Katedral Berdiri Kokoh
Ferdinand Waskita/Tribunnews.com
Jejak-jejak kebudayaan Jerman terdapat di China. Pemandangan itu Tribunnews.com saksikan saat mengunjungi kota Qingdao, China, Rabu (12/3/2015). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, QINGDAO - Jejak-jejak kebudayaan Jerman terdapat di China. Pemandangan itu Tribunnews.com saksikan saat mengunjungi kota Qingdao, China, Rabu (12/3/2015).

Qindao merupakan kota modern seluas 20 juta meter persegi. Informasi mengenai jejak Jerman di kota tersebut diperoleh dari Chuei Yuan Yuan, warga lokal yang menjadi pemandu wartawan di acara "Smatfren Telecom Press Trip 2014".

Peninggalan warga Jerman tersebut berada di sekitar pantai di wilayah Qingdong. Menurut Chuei, Jerman menduduki kota Qindong pada tahun 1894.

Namun, pendudukan Jerman itu diterima oleh warga setempat. Sebab, mereka membangun Qingdao sehingga memiliki tatakota yang baik. Contohnya saluran drainase.

"Dari pembangunan saluran itu, membuat kota Qingdao terbebas dari banjir," kata Chuei menerangkan.

Sambil mengajak Tribunnews.com dan sejumlah wartawan melihat kota lama Qingdao, ia menjelaskan ciri khas bangunan Jerman.

BERITA TERKAIT

"Orang Jerman rumahnya ada cerobong karena musim dingin bakar kayu. Kalau sekarang tidak. Lalu gentengnya warna merah," kata wanita muda itu sambil menunjuk rumah bergaya Jerman itu.

Tribunnews.com melihat sejumlah bangunan yang masih bertuliskan bahasa Jerman. Selain itu, Jerman juga membangun pabrik bir pada tahun 1903. "Orang Jerman itu bikin warisan pabrik bir," kata Chuei.

Warisan itulah yang kini menjadi pabrik bir terkenal di China dengan merek Tsingtao. Bir itulah yang menjadi sajian utama disetiap restoran ternama di China. Chuei menceritakan warga Jerman mengakui bir di Qindao lebih enak dari asalnya.

"Hasilnya lebih baik karena air disini lebih bagus," ujar Chuei.

Alasan Jerman membuat pabrik bir karena kebutuhan. Sebab Jerman harus mengimpor bir dari negara mereka semenjak negara Bavaria itu menduduki Qingdao sejak 1894.

Sedangkan mengimpor bir langsung dari Jerman sangat mahal. Akhirnya mereka membuka pabrik serta mendatangkan mesin pembuat bir langsung dari Jerman.

Chuei lalu bercerita juga mengenai pendudukan Jepang di Qindao. Namun, ia tidak senang dengan Jepang karena tidak membangun kota yang dicintainya itu.

Halaman
12
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas