Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korban Selamat Kapal Oryong Jalani Pemeriksaan di RS Young Do Busan

Wakil Duta Besar RI untuk Seoul, Cecep Herawan berada di Busan dan menjemput langsung ke dalam kapal Odyn.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Korban Selamat Kapal Oryong Jalani Pemeriksaan di RS Young Do Busan
Yonhap/AFP
Kapal ikan Oryong 501 yang tenggelam di Laut Bering, Rusia, Senin (1/12/2014). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kapal Odyn yang membawa tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang selamat serta 14 jenazah ABK Indonesia korban kecelakaan Kapal Oryong 501 di Laut Bering tanggal 1 Desember 2014, tiba di Pelabuhan Busan, Korea Selatan, 26 Desember 2014. Tepatnya pada pukul 10 pagi waktu setempat.

Wakil Duta Besar RI untuk Seoul, Cecep Herawan berada di Busan dan menjemput langsung ke dalam kapal Odyn.

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangannya diterima Tribunnews, mengaku telah melakukan pembicaraan melalui selulernya dengan tiga ABK selamat pada tanggal 26 Desember 2014 pukul 10 pagi WIB guna menyampaikan keprihatinan atas musibah yang terjadi, duka cita atas meninggalnya ABK lainnya.

Retno menekankan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus melakukan pendampingan terhadap korban selamat, pengurusan jenazah serta melakukan komunikasi dengan keluarga korban.

Ketiga ABK selamat tersebut dalam kondisi sehat. Hari ini akan dilakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit "Young Do" di Busan. KBRI Seoul akan terus melakukan pendampingan terhadap ketiga ABK tersebut.

Sementara hari ini, tim Disaster Victim Identification (DVI) Indonesia akan berangkat ke Busan guna membantu proses identifikasi jenasah ABK Indonesia yang meninggal dunia.

Jauh di Laut Bering Rusia, pencarian korban lainnya masih terus dilakukan. Sayangnya sampai saat ini belum ada lagi korban lainnya yang ditemukan. (Edwin Firdaus)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas