Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bentuk Konflik Baru Antarwarga Palestina Vs Israel: Saling Serang Pakai Pisau !

Bentuk kekerasan baru yang menonjol sekarang adalah saling serang antara warga Israel dan Palestina dengan menggunakan pisau. Mengerikan!

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Bentuk Konflik Baru Antarwarga Palestina Vs Israel: Saling Serang Pakai Pisau !
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
DEMO DUKUNG PALESTINA - Ratusan massa yang mengatasnamakan Solidaritas Muslimin Indonesia untuk Al-Quds berdemo di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2015). Aksi damai tersebut untuk memperingati hari Al Quds Internasional sebagai bentuk dukungan untuk kemerdekaan rakyat Palestina. Warta Kota/henry lopualan 

TRIBUNNEWS.COM - Kekerasan yang terjadi cukup luas antara Israel dan Palestina di Tepi Barat dan Jerusalem timur selama hampir satu bulan ini menunjukkan, peta konflik Israel-Palestina memasuki era baru.

Hal ini berlangsung seiring dengan perubahan konstelasi konflik politik secara umum di Timur Tengah.

Kini, inisiatif dan mekanisme konflik di lapangan tidak sepenuhnya berada di tangan Pemerintah Israel dan otoritas Palestina, tetapi lebih dikendalikan oleh individu atau kelompok kecil dari tiap-tiap pihak, Israel dan Palestina.

Bentuk kekerasan baru yang menonjol sekarang adalah saling serang antara warga Israel dan Palestina dengan menggunakan pisau.

Ada sedikitnya 24 kasus penusukan yang dilakukan oleh warga Palestina terhadap warga Yahudi sejak November 2014 hingga Oktober 2015.

Pada Jumat (9/10), warga Palestina menusuk warga Israel di beberapa kota, antara lain di Tel Aviv, Jerusalem, dan Hebron.

Sebaliknya, empat warga Palestina dilaporkan mengalami luka-luka akibat tusukan pisau yang dilakukan warga Yahudi di sejumlah kota.

BERITA TERKAIT

Dalam konteks itu, ekstremis Yahudi, khususnya penghuni permukiman Yahudi di Jerusalem timur dan Tepi Barat, memegang inisiatif terbesar dalam konflik Israel-Palestina beberapa waktu terakhir.

Akhir Juli lalu, bayi Palestina berusia 18 bulan, Ali Dawabshah, meninggal akibat aksi kaum ekstremis Yahudi yang melempar bom api ke rumah keluarga Dawabshah di Duma, Tepi Barat.

Kematian bayi Ali itu menjadi awal bola salju kekerasan yang terus menggelinding hingga sekarang.

Dengan cakupan wilayah terjadinya kekerasan yang cukup luas dan aksi saling serang yang telah berlangsung cukup lama, yakni sejak akhir Juli, kekerasan saat ini sudah mengarah ke intifada III.

Intifada kali ini tidak memiliki pemimpin yang memberi komando.

Intifada III berbeda dengan intifada II pada 2000 yang dikendalikan pemimpin Palestina saat itu, Yasser Arafat.

Adapun intifada I yang meletus pada 1987 juga dipimpin tokoh kuat Palestina saat itu, Abu Jihad, yang kemudian dibunuh Israel di Tunisia pada 1988.

Halaman
12
Sumber: KOMPAS
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas