Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Semprotkan Busa Pendingin ke Pesawat yang Salah, Damkar Tiongkok Ganti Rugi Rp 280 Miliar

Setelah mendeteksi adanya emisi panas pada pesawat Fuzhou Airlines itu, tim pemadam langsung menyemburkan busa pendingin

Penulis: Ruth Vania C
zoom-in Semprotkan Busa Pendingin ke Pesawat yang Salah, Damkar Tiongkok Ganti Rugi Rp 280 Miliar
Shanghaiist/Weibo
Maskapai Fuzhou Airlines yang disemprot busa pendingin 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Lantaran salah semprot pesawat, tim pemadam kebakaran Tiongkok membuat mesin sebuah pesawat rusak dan menimbulkan kerugian hingga Rp 280 miliar.

Tim pemadam kebakaran langsung bergerak ketika mendapat laporan kebakaran pesawat di Bandara Internasional Fuzhou Changle, Kamis (10/12/2015), Beijing, Tiongkok.

Namun, yang seharusnya pesawat yang menjadi target pemadaman adalah pesawat Boeing 737-800 milik maskapai Air China, busa pemadam malah disasarkan pada Boeing 737-800 milik Fuzhou Airlines.

Setelah mendeteksi adanya emisi panas pada pesawat Fuzhou Airlines itu, tim pemadam langsung menyemburkan busa pendingin.

Namun, dua menit berselang, petugas menara pengawas kemudian menghubungi tim damkar itu, memberitahu bahwa mereka telah menyemprot pesawat yang salah.

Ternyata, kesalahan komunikasi terjadi karena pilot pesawat Fuzhou Airlines yang melaporkan adanya api pada mesin bagian kanan pesawat Air China, sehingga kemungkinan dikira justru pesawat Fuzhou Airlines yang harus ditangani.

Kesalahan itu dikatakan Shanghaiist telah menimbulkan kerusakan parah pada bagian mesin pesawat, yang dapat memakan biaya hingga Rp 280 miliar.

BERITA TERKAIT

Ahli penerbangan Zhang Qihuai mengatakan seharusnya saat menerima laporan kebakaran, petugas menara pengawas mengonfirmasi terlebih dahulu ke pilot pesawat Air China.

Belum jelas pihak mana yang harus menanggung kompensasi, selama investigasi dilakukan oleh otoritas setempat. (Shanghaiist/South China Morning Post)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas