Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rakyat Thailand Was-was, Calon Pengganti Raja Dikenal Playboy dan Suka Hura-hura

Meninggalnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, Kamis (13/10/2016), membuat Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn siap naik tahta.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Rakyat Thailand Was-was, Calon Pengganti Raja Dikenal Playboy dan Suka Hura-hura
Daily Mail
Putra Mahkota Kerajaan Thailand, Pangeran Maha Vajiralongkorn dan Puteri Srirasmi saat masih harmonis. Kini mereka bercerai. 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK -  Meninggalnya Raja Thailand Bhumibol Adulyadej, Kamis (13/10/2016), membuat Putra Mahkota Thailand Maha Vajiralongkorn siap naik tahta.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha telah mengumumkan pada hari yang sama bahwa putra mahkota berusia 63 tahun itu akan menjadi penerus kerajaan.

Pejabat Thailand memberi p
Pejabat Thailand memberi penghormatan di depan potret mahkota Maha Vajiralongkorn untuk menandai ulang tahun ke-64 di Grand Palace di Bangkok, Thailand, pada 28 Juli 2016.

Hal ini membuat warga Thailand was-was atas masa depan Thailand di tangan sang putra mahkota yang kontroversial itu, sembari berduka atas kematian raja terdahulu mereka.

Maha Vajiralongkorn memang dikenal sebagai sosok yang kontroversial dan kerap dianggap tak cocok untuk memegang tampuk kekuasaan di kerajaan.

Tak heran, Maha Vajiralongkorn selama ini kerap disebut sebagai sosok playboy yang hobi hura-hura serta terlibat dalam banyak skandal.

Bagaimana tidak, Maha Vajiralongkorn tercatat sudah pernah menikah tiga kali dan perempuan-perempuan yang menjadi istrinya itu selalu menimbulkan masalah.

Maha Vajiralongkorn juga diketahui berteman dengan mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, yang pernah terlibat skandal korupsi.

BERITA TERKAIT

Karena itu, Maha Vajiralongkorn ditakutkan akan bertabiat yang sama dengan Thaksin Shinawatra, tersandung berbagai tuduhan korupsi.

"Tak seperti Raja Bhumibol Adulyadej, Maha Vajiralongkorn sangat tidak disukai oleh publik Thailand, malah dibenci," komentar seorang kolumnis politik, Jonathan Manthorpe.

Menurut Jonathan Manthorpe, Maha Vajiralongkorn ditakutkan dapat menghancurkan struktur peradaban Thailand jika nanti ia memerintah.

Raja Bhumibol Adulyadej tutup usia di umur 88 tahun, akibat komplikasi penyakit yang menderanya selama beberapa tahun terakhir.

Penguasa terlama yang pernah menjabat di dunia itu menghembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Siriraj, ditemani keluarga kerajaan. (Times of India/IB Times).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas