Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Putin Diklaim Jauh Lebih Kaya dari Bill Gates, Ini Perkiraan Jumlah Hartanya

Presiden Rusia Vladimir Putin diklaim memiliki jumlah kekayaan yang jauh melebihi pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai orang terkaya di dunia.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Sanusi
zoom-in Presiden Putin Diklaim Jauh Lebih Kaya dari Bill Gates, Ini Perkiraan Jumlah Hartanya
Independent/Getty
Presiden Rusia Vladimir Putin 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin diklaim memiliki jumlah kekayaan yang jauh melebihi pendiri Microsoft, Bill Gates, sebagai orang terkaya di dunia.

Bahkan, harta Putin dikatakan masih jauh mengungguli jumlah sekaligus dari harta Bill Gates dan CEO Amazon, Jeff Bezos, yang belum lama ini sempat menggeser posisi Gates sebagai orang terkaya.

Hal itu dikatakan oleh seorang investor asal AS dan pendiri sebuah perusahaan investasi besar di Rusia, Bill Browder.

Pekan lalu, di hadapan sejumlah senator, Browder menyebut jumlah kekayaan Putin diperkirakan mencapai 200 miliar dolar AS (Rp 2.700 triliun).

Dikatakan perusahaan Browder pernah menjadi investor tidak langsung terbesar di Rusia dan menjadi pemegang saham di beberapa perusahaan milik Pemerintah Rusia di era '90-an.

Saat itu, Putin juga pernah menjalin kerjasama dengan beberapa pengusaha Rusia yang membuat sang presiden menjadi "orang terkaya di dunia".

Namun, jumlah kekayaan pribadi Putin memang selama beberapa tahun ini selalu menjadi bahan perdebatan dan spekulasi.

BERITA REKOMENDASI

Menurut daftar aset resmi yang dipublikasikan Putin, sang presiden memiliki pendapatan sebesar 133 ribu dolar AS (Rp 1,7 miliar) per tahun.

Selain itu, diketahui Putin memiliki sebuah apartemen mewah di Moskow, Rusia.

Browder mengatakan Putin banyak menyimpan uangnya di negara Barat, namun berpotensi disita dan dibekukan, sebab diperoleh secara ilegal.

"Ada sebanyak 10 ribu pejabat di Rusia yang bekerja untuk Putin diperintahkan untuk membunuh, menyiksa, menculik, memeras uang, dan merebut harta orang lain," ucap Browder.

CEO Amazon Jeff Bezos sempat dinobatkan sebagai orang terkaya sejagat usai saham Amazon mengalami kenaikan, yang berpengaruh pada pendapatannya.

Namun, kenaikan itu hanya berlangsung singkat dan posisi Bezos segera kembali dihuni oleh Gates, yang sudah 17 kali dinobatkan sebagai orang terkaya.

Masing-masing kekayaan Gates dan Bezos berjumlah 90 miliar dolar AS (Rp 1.195 triliun) dan 85 dolar AS (Rp 1.134 triliun). (Independent/CNBC)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas