Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Utusan' Guaido akan Temui Pejabat AS, Bahas Strategi Bawa Demokrasi Ke Venezuela

Strategi tersebut terkait upaya melakukan perubahan rezim di negara Amerika Latin, seperti yang disampaikan Pemimpin oposisi

Utusan' Guaido akan Temui Pejabat AS, Bahas Strategi Bawa Demokrasi Ke Venezuela
(Fernando Llano/AP)
Pemimpin oposisi Venezuela yang memproklamirkan diri sebagai Presiden sementara Venezuela Juan Guaido 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, CARACAS - Seorang perwakilan dari Pemimpin Oposisi Venezuela di Amerika Serikat (AS) berencana menemui anggota Komando Selatan pada pekan depan untuk membahas strategi khusus.

Strategi tersebut terkait upaya melakukan perubahan rezim di negara Amerika Latin, seperti yang disampaikan Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido.

Dikutip dari laman Russia Today, Rabu (15/5/2019), Politisi yang memproklamirkan diri sebagai Presiden sementara Venezuela itu mengatakan pada konferensi pers Selasa kemarin, bahwa pertemuan tersebut bukan sekadar wacana saja.

"Pertemuan akan diadakan pada hari Senin, Duta Besar kami akan memberitahukan hasil dari pertemuan itu," kata Juan Guaido.

Selama akhir pekan, 'utusan' Guaido, Carlos Vecchio akan berada di AS untuk mengirim surat yang ditujukan kepada Laksamana AS Craig S Faller dari SOUTHCOM.

Baca: KAI Pastikan Tidak Ada Kereta Tambahan Lagi Untuk Mudik

Baca: Kue Ulang Tahun Spesial dari Doni untuk JK

Baca: Penampilan Tak Biasa Syahrini Masak untuk Reino Barack Disorot, Lihat Reaksi Reino Coba Makanannya

Baca: TERBARU: Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi-Prabowo, Rabu 15 Mei pukul 10.00 Data Masuk 82.46%

Surat tersebut diajukan untuk meminta diadakannya pertemuan dengan delegasi teknis demi memajukan perencanaan strategis dan operasional agar demokrasi di Venezuela bisa 'dipulihkan'.

Tepat sebelum seruan oposisi untuk meminta bantuan militer AS, Faller menyatakan bahwa ia berharap bisa melakukan pembahasan terkait bagaimana AS dapat memulihkan tatanan konstitusional di Venezuela.

Sementara itu Presiden Venezuela Nicolas Maduro yang telah lama menuding AS terus melakukan intervensi untuk mendorong perubahan rezim di negaranya, mengecam Guaido atas upaya menarik pasukan asing masuk ke dalam pelanggaran kedaulatan Venezuela.

Wakil Presiden Delcy Rodriguez pun mengecam tindakan Guaido pada awal pekan ini.

"Kami menolak surat yang dikirimkan oleh salah satu pemimpin kudeta yang meminta intervensi militer di Venezuela, atas nama sekelompok komplotan kudeta yang melakukan kegiatan teroris untuk membuat kekacauan dan mengganggu stabilitas tanah air kami,".

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas