Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

WNI yang Dikarantina Karena Virus Corona di Kapal Diamond Princess Minta Tolak Angin dan Mi Instan

Sebanyak 248 orang, termasuk 218 di kapal pesiar, satu petugas karantina, 12 di pesawat sewaan, dan 17 turis lainnya, dikonfirmasi di dalam negeri.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in WNI yang Dikarantina Karena Virus Corona di Kapal Diamond Princess Minta Tolak Angin dan Mi Instan
@KBRITokyo
Petugas KBRI Tokyo mengantar cairan mi instan dan pereda masuk angin yang diminta WNI yang sedang di atas kapal Diamond Princess yang sedang dikarantina. 

TRIBUNNEWS.COM, JEPANG - Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikarantina di atas Kapal Pesiar Diamond Princess karena virus Corona meminta dibawakan cairan pereda masuk angin seperti Tolak Angin dan mi instan seperti Indomie.

Pada twitter-nya yang telah terverifikasi @KBRITokyo dijelaskan bahwa dua pegawai KBRI mengantar permintaan WNI itu ke petugas pelabuhan untuk selanjutnya diantarkan ke WNI yang membutuhkan.

"KBRI Tokyo (12Feb) mengantar cairan Pereda Masuk Angin yang diminta WNI yg sedang di atas kapal Diamond Princess yang sedang dikarantina utk observasi di Yokohama, sekaligus Mie Instan dan Vitamin C. Foto: barang diantar staf KBRI Tokyo ke petugas pelabuhan. #NegaraMelindungi," tulis twitter @KBRITokyo beberapa jam lalu.

Lima hari lagi

Tersisa lima hari lagi masa karantina penumpang dan kru kapal pesiar di Jepang selesai.

Hingga Kamis (13/2/2020), dilaporkan jumlah orang yang positif virus corona di kapal itu mencapai 218 orang.

Baca: Ini Penjelasan Ahli Soal Virus Corona Negatif di Indonesia, Benarkah karena Cuaca dan Matahari?

Kapal Diamond Princess harus disandarkan di Pelabuhan Yokohama, sejak (3/2/2020).

BERITA TERKAIT

Ada sekitar 3.700 orang dalam kapal tersebut, diantaranya adalah 78 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi kru kapal.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan, sampai hari ini seluruh WNI yang menjadi kru kapal dalam keadaan sehat.

"Konfirmasi tidak ada WNI yang terinfeksi virus korona. 78 WNI sampai saat ini dalam keadaan sehat," kata Judha melalui pesan singkatnya, Jumat (14/2/2020).

Judha mengatakan, pemerintah melalui Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo terus melakukan komunikasi dengan otoritas setempat, untuk mengetahui perkembangan penanganan karantina di kapal.

KBRI Tokyo rutin mengirimkan bantuan berupa makanan instan dan vitamin C untuk para ABK WNI, serta memantau kondisi para ABK melalui grup WhatsApp.

Kemlu bekerja sama dengan Kementrian Perhubungan telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI untuk memastikan pelindungan bagi mereka.

Baca: Bukan karena dari Bali, Kemenkes Duga Warga China Positif Virus Corona saat tiba di Shanghai

Kemlu juga telah menghubungi keluarga para kru WNI untuk menyampaikan perkembangan terakhir.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas