Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cerita Mengejutkan Pembelot Korea Utara: Yang Tahu Kondisi Kim Jong Un Hanya Istri dan Adiknya

Menteri Luar Negeri Korea Utara tidak diberitahu sampai satu jam tentang Kim Jong Un sebelum pengumuman resmi.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cerita Mengejutkan Pembelot Korea Utara: Yang Tahu Kondisi Kim Jong Un Hanya Istri dan Adiknya
SPUTNIK NEWS
Kim Jong Un 

Laporan Reporter Kontan, Barratut Taqiyyah Rafie

TRIBUNNEWS.COM, PYONGYANG - Kepastian tentang kondisi Kim Jong Un sampai saat ini masih menjadi teka-teki dunia. Namun ada pengauan baru dari seorang pembelot tingkat tinggi Korea Utara.

Dia menduga, Kim Jong Un memang memiliki masalah kesehatan. 

Namun dia memperingatkan agar tidak terlalu banyak membaca laporan yang bertentangan tentang status pemimpin Korea Utara. Sebab, hanya segelintir orang saja yang memiliki akses ke Korea Utara. 

Thae Yong-ho, mantan diplomat Korea Utara yang terpilih menjadi anggota parlemen Korea Selatan awal bulan ini, mengatakan kepada CNN bahwa ketidakhadiran Kim dari perayaan menandai kelahiran kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April, merujuk pada penyakit fisik dalam beberapa tipe.

Dikenal sebagai Hari Matahari, 15 April adalah tanggal paling penting di negara itu.

Pada tahun-tahun sebelumnya, upacara peringatan Hari Matahari telah ditandai dengan acara yang layak diberitakan, seperti peluncuran satelit dan parade militer skala besar.

BERITA REKOMENDASI

"Kim Jong Un bukan hanya pemimpin Korea Utara, tetapi dia adalah cucu Kim Il Sung ... Ketidakhadirannya di mata Korea Utara benar-benar abnormal," kata Thae kepada CNN.

"Saya tidak yakin apakah dia benar-benar menjalani operasi atau apa pun, tetapi satu hal yang jelas ... dia tidak bisa berdiri sendiri atau berjalan dengan baik," tambahnya.

Pernyataan Thae yang juga tidak disertai dengan bukti pendukung, mengikuti spekulasi yang memuncak tentang kesehatan dan keberadaan Kim.

Baca: Iis Dahlia Puyeng Tak Punya Pemasukan, Curhat Punya Tagihan Cicilan Rumah Ratusan Juta Rupiah

Pekan lalu, CNN melaporkan bahwa intelijen Amerika Serikat sedang memantau bahwa Kim dalam bahaya besar setelah operasi.

Sebuah surat kabar Korea Selatan, Daily NK, juga melaporkan bahwa Kim telah menjalani operasi kardiovaskular dan tengah menjalani perawatan. CNN tidak dapat mengkonfirmasi laporan secara independen.

Baca: Busyro Muqoddas Ingatkan, Jangan Sampai RUU Cipta Kerja Senasib dengan UU KPK Baru

Namun, menurut Thae, sebagian besar rumor yang beredar saat ini tidak mungkin akurat atau terinformasi, mengingat kerahasiaan yang kuat di sekitar pemimpin Korea Utara.

"Satu-satunya orang yang dapat mengkonfirmasi kondisinya yang sebenarnya mungkin adalah istri atau saudara perempuan Kim Jong Un, atau asisten dekatnya," kata Thae. 

Baca: Pengamat: Ada Indikasi Pemerintah Akan Bailout Bank Gagal

"Rumor di mana dia sekarang, (atau) apakah dia menjalani operasi, saya tidak berpikir itu benar-benar didasarkan pada fakta," tambahnya.

Dia merujuk pada kasus kematian Kim Jong Il, yang dirahasiakan selama dua hari. Bahkan Menteri Luar Negeri Korea Utara tidak diberitahu sampai satu jam sebelum pengumuman resmi, kata Thae.

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Pembelot Korut: Yang tahu kondisi Kim Jong Un sebenarnya hanya istri dan adiknya

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas