Tribun

Inspirasi Bisnis

Cerita Pendiri McDonald's Jungkir Balik Membangun Bisnis dari Nol, Pernah Merasakan Ditipu

Sejak kecil, dia sudah memperlihatkan bakatnya dalam bidang bisnis dengan membuka gerai limun.

Editor: Hasanudin Aco
Cerita Pendiri McDonald's Jungkir Balik Membangun Bisnis dari Nol, Pernah Merasakan Ditipu
CHINA DAILY
Gerai 24 Jam Mc Donald's di China 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Gerai McDonald's pertama di Indonesia, McDonald's Sarinah sudah tutup pada pertengahan Mei lalu.

Banyak orang yang membagikan kenangan mereka di restoran yang terletak di Gedung Sarinah, Jakarta, tersebut melalui media sosial.

McDonald's memang merupakan restoran cepat saji yang sangat populer di berbagai kalangan, mulai anak kecil hingga orang tua. Lantas, seperti apa sejarah lahirnya McDonald's?

Kisah perintis McDonald's

Dirintis oleh McDonald bersaudara, McDonald’s merupakan jaringan restoran fast food terbesar di dunia. Mengutip The New York Post, pada 1955, gerai McDonald's pertama berdiri di California, Amerika Serikat (AS), dengan produk unggulan berupa burger bernama Bigmac.

Richard McDonald bersama saudara lelakinya Maurice merevolusi cara miliaran orang di seluruh dunia makan di restoran cepat saji.

Baca: Sama-sama Langgar PSBB, Ini Beda Nasib McD Sarinah dan Bahar bin Smith

Baca: MC Konferensi Gugup Panggil Harry dengan Yang Mulia, Sikap Suami Meghan Markle Buat Berkesan

Dari kedai hamburger tunggal di San Bernardino, California pada 1948, pendekatan sistematis dikembangkan McDonald bersaudara dengan menawarkan makanan berharga terjangkau dan kecepatan penyajian yang tinggi.

Sistem tersebut membentuk dasar bisnis makanan cepat saji. "Seluruh konsep kami didasarkan pada kecepatan, harga, dan volume yang lebih rendah," kata McDonald.

Ide dua bersaudara tersebut tidak datang begitu saja. Terlahir di keluarga miskin di pedesaan New Hampshire, Richard dan Maurice (Mac) McDonald bermigrasi ke California pada akhir 1920-an.

Keduanya berbekal ijazah sekolah menengah dan keinginan untuk menghasilkan US$ 1 juta sebelum mereka berusia 50 tahun.

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas